HEADLINE NEWS

KIP Langsa Gelar Uji Mampu Baca Alquran Bacaleg

 


Cybernews.id - Langsa - Aceh. 

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa menggelar uji mampu baca Alquran untuk 468 Bakal calon legislatif (Bacaleg) dari 19 partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2024 mendatang di Kota Langsa.



Kegiatan uji mampu baca Alquran dilaksanakan selama dua hari, sejak  Tgl 10 s/d Tgl 11  Juni 2023 di Aula KIP Langsa.

Koordinator tim penguji, Tgk Fauzaruddin SPd, Sabtu (10/6) menjelaskan, tim penguji dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an, MPU Kota Langsa dan Kementrian Agama. Adapun yang dinilai pertama, memahami huruf dengan bobot nilai 40, mengetahui baris dengan bobot nilai 40 dan adab 20 bobot nilainya.

“Total nilai 100 apabila dia (Bacaleg-red) mendapat nilai 51 maka dianggap lulus dan ini sesuai juknis yang diberikan oleh penyelenggara,” jelas Tgk Fauzan yang juga Plt. Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Kota Langsa.

Kemudian, kata Fauzan, pihaknya juga akan memberikan keringanan, ketika dia nerves (grogi—red) atau hal-hal lain boleh diulang di hari ini juga, dan bila berhalangan hadir bagi Bacaleg mereka wajib melapor terlebih dahulu melalui surat resmi.

“Apabila ada wanita yang berhalangan (haid —-red) maka akan diberikan mak’rak khusus berupa doa akhir Alquran yang telah disediakan atau difotocopikan oleh panitia,” urai Tgk Fauzan.

Ditambahkan juga, untuk masing-masing kelompok penguji terdiri dari tiga lembaga yang disebutkan di atas, artinya semua penguji adalah orang-orang yang faham dan mengerti ketentuan yang diminta oleh penyelenggara dalam uji mampu baca Alquran.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis KIP Kota Langsa, Samsul Bahri, mengatakan, untuk jumlah Bacaleg dengan total 468 orang dari empat dapil dalam wilayah Kota Langsa. Sedangkan untuk klasifikasinya adapun untuk laki-laki sebanyak 276 orang dan perempuan 192 orang Bacaleg.

“Kita berharap uji mampu baca alquran yang digelar KIP Kota Langsa selama tiga hari kedepan tanpa ada hambatan dan kita sediakan waktu hingga usai semua Bacaleg mengikuti uji mampu baca Alquran,” tukas Samsul Bahri.

Hadir juga dalam uji mampu baca Alquran, Komisioner KIP Kota Langsa, Ridwan, Marzuki, dan Ketua Panwaslih Kota Langsa, M Khori, M.Pem.I, Riswandar serta stafnya. (Red. M. Rosuli)

Previous
« Prev Post