HEADLINE NEWS

Babinsa Gencar Himbau Warga, Waspada Banjir Di Musim Penghujan



Cybernews.id, Aceh Timur - Komunikasi sosial (Komsos) merupakan alat yang efektif bagi Babinsa untuk berinteraksi dengan warga Desa binaan, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 04/Plk Kodim 0104/Aceh Timur, Serda Agus Suratno melaksanakan komsos dengan masyarakat terkait musim penghujan, di Desa Leuge, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur,  Selasa (26/12/2023).


Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan sarana efektif bagi Babinsa untuk dapat berinteraksi langsung dengan warga desa binaannya, Tingkatkan kewaspadaan di daerah rawan bencana dan longsor, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar pinggir sungai, selama musim hujan. Ajak mereka untuk memantau perkembangan cuaca, dan tingkatkan koordinasi antara masyarakat dan pihak berwenang untuk respons cepat jika diperlukan.


"Peran aktif dalam mensosialisasikan kebersihan dan pengerukan selokan sangat penting. Dengan kerjasama ini, diharapkan warga dapat lebih sadar akan upaya pencegahan banjir melalui tindakan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan melakukan pengerukan selokan. Ini merupakan langkah preventif yang dapat mengurangi risiko bencana banjir selama musim hujan," Ujarnya.


Himbauan Babinsa kepada warga binaannya untuk selalu waspada terhadap kemungkinan banjir akibat drainase tersumbat oleh sampah sangat penting. Langkah proaktif ini dapat membantu mencegah potensi risiko banjir dan memastikan kebersihan lingkungan terjaga.


"Saya harapkan, jika terjadi bencana banjir di wilayah kita ini agar warga segera melaporkan kejadian tersebut kepada aparat terkait BPBD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades, dan aparatur Desa sangat penting dalam situasi bencana banjir," Pungkas Babinsa.(M.Rosuli)

Editor : mit. 

Previous
« Prev Post