Cegah Karhutla, Satgas Preemtif Bina Karuna Polres Melawi Sambangi dan Patroli Desa




Cybernews.id - Melawi - Kalbar .

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan ancaman nyata dapat menggangu ekosistem lingkungan dan kehidupan.


Untuk itu, Polres Melawi dan Polsek Jajaran melalui "Operasi Bina Karuna Kapuas 2021" terus menggencarkan pencegahan karhutla, Dengan melakukan berbagai upaya preventif dan preemtif, Rabu (10/2/2021) sore.


Salah satunya yang dilakukan Satgas Preemtif "Operasi Bina Karuna Kapuas 2021" Polres Melawi dengan menyambangi secara langsung seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Nanga Menunuk Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi, Kedatangan Anggota Satgas Preemtif Bina Karuna Polres Melawi disambut langsung oleh Kepala Desa dan Perangkatnya serta masyarakat.


Dalam kesempatan tersebut, Satgas Preemtif mensosialisasikan tentang bahaya dan cara penanggulangan karhutla serta mengajak seluruh elemen masyarakat agar berperan aktif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing.


Selain sosialisasi dan imbauan, Satgas Preemtif Operasi Bina Karuna Polres Melawi bersama warga juga melaksanakan patroli daerah rawan karhutla di Desa Nanga Menunuk, Kecamatan Belimbing tersebut.


Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Binmas Iptu Haryono menyampaikan kegiatan tersebut untuk memberikan imbauan sedini mungkin agar bencana asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dapat dicegah di Kabupaten Melawi.


“Kami akan terus melaksanakan sosialisasi dan imbauan hingga ke desa-desa di wilayah hukum Polres Melawi. Tujuannya, agar masyarakat sadar dan mengerti akan larangan membakar lahan, terutama jelang musim kemarau,” ungkapnya.


Menurut Iptu Haryono, kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, semua komponen masyarakat wajib untuk berperan secara aktif menjaga wilayahnya agar tidak ada kebakaran hutan dan lahan. “Salah satunya dengan tidak membuka lahan melalui pembakaran,” tegasnya.


Sementara itu, Kepala Desa Nanga Menunuk Saiful, menyambut baik kegiatan tersebut. Dia juga menyampaikan mendukung Pemerintah dan Kepolisian dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayahnya.


Dalam kegiatan ini, Satgas Preemtif Operasi Bina Karuna Polres Melawi tidak lupa menerapkan prokes dalam kegiatan serta terus mengimbau masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari.


Penulis : Oktavianus 

Editor : Mit .

Previous
« Prev Post