Sikapi Surat Telegram Kapolri, Kapolres Melawi Gelar Test Mendadak Personilnya

 


Cybernews.id - Melawi - Kalbar 

Menyikapi ST (surat telegram) Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo NOMOR : ST/331/II/HUK.7.1./2021 tanggal 19 februari 2021 tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri.


Selain diberikan reward kepada anggota yang berhasil ungkap jaringan Narkoba. Personil juga akan diberikan sanksi tegas jika terbukti penyalahgunaan narkoba atau terlibat langsung dalam peredaran narkoba yaitu "TINDAKAN TEGAS BERUPA PEMECATAN DAN PEMIDANAAN SESUAI HUKUM YANG BERLAKU".



Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K didampingi Wakapolres Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M, Kabag Sumda AKP Sunar, Kasie Provam Polres Melawi Iptu Samuji beserta anggotanya dan Urkes menggelar test urine mendadak kepada seluruh anggota Polres Melawi setelah pelaksanaan apel pagi, Senin (22/2/2021).


Pelaksanaan test urine ini tidak hanya formalitas belaka, kegiatan selain diawasi langsung oleh Kapolres Melawi dan Pejabat Utama Polres Melawi. Setiap toilet yang digunakan tidak boleh ditutup pintunya dan diawasi oleh anggota Provos Polres Melawi. Untuk Polwan dan ASN perempuan diawasi oleh satu Polwan yang telah ditunjuk oleh pimpinan.


Sebelum pelaksanaan test urine, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto menegaskan tidak akan memberikan toleransi sedikitpun kepada personilnya yang terlibat langsung maupun membantu ataupun memuluskan peredaran narkoba di Wilayah Hukum Polres Melawi.


"Jika ada. Berhentilah, sebelum anda diberhentikan dan dipidana," tegas AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto.


Sementara itu, Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana menyampaikan dalam pengecekan tersebut tidak ada ditemukan anggotanya yang positif menggunakan narkoba ataupun zat sejenisnya melalui pengecekan alat test urine yang digunakan.


"Allahamdullilah, belum ada ditemukan hari ini. Jika kedepannya ditemukan indikasi atau laporan dari masyarakat, anggota yang bersangkutan akan ditest lagi. Jika positif maka akan ditindak tegas sesuai ST (Surat Telegram) Kapolri," jelasnya.


Wakapolres juga menjelaskan test urine ini akan rutin dilaksanakan secara mendadak dan acak sesuai situasional dan akan digelar pada Polsek Jajaran Polres Melawi juga. "Biar semua sejalan tidak hanya di Polres, Polsek juga harus," ungkapnya.


Wakapolres juga berharap kepada seluruh anggotanya agar terus menjauhi dan menghindari dari penyalahgunaan narkoba. "Kerugian akan dirasakan oleh seluruhnya, mulai institusi, keluarga dan diri sendiri," tuntasnya.


Penulis : Oktavianus. 

Editor : Mit.

Previous
« Prev Post