Bupati Sintang Buka Rapat Konsolidasi Penanggulangan Dampak Covid -19 Terkait Fasilitasi Pembiayaan UKM Dan Koperasi .


Cybernews.id -Sintang - Kalbar .
Sehubungan  dengan kegiatan fasilitasi Pembiayaan UMKM dan Koperasi  pada Perbankan  dan Lembaga Pembiyaan  serta Evaluasi  tindak lanjut  Perbankan dan Lembaga Keuangan  di Kabupaten Sintang  terhadap Dampak  Corona Virus  Disease 2019  (Covid-19) dalam penyaluran kredit  Program  kepada para nasabah pada hari ini  Senin,06/04/2020, Pemerintah Kabupaten  Sintang melaksanakan  Rapat Konsolidasi Penanggulanagn Dampak  Covid-19 di Pendopo Rumah jabatan Bupati yang secara langsung dibuka  Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.Ph, sekaligus memimpin rapat.

Pada rapat Konsolidasi Penanggulanagn Dampak  Covid-19 tersebut mengundan para  Pimpinanan  Bank dan  Lembaga Keuangan  Nonbank di Kabupaten Sintang, serta  dihadiri Sekda Kabupaten Sintang Dra. Yosepha  Hasnah,M.Si , Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Sintang dr.Harry Sinto Linoh, Kadisperindagkop dan UKM kabupaten Sintang H. Sudirman, Kepala BPBD Kabupaten Sintang Bernard Saragih,  Tim Gugus Tugas  Covid-19 Kabupaten,  Dianas terkait. Serta para undangan.

Dalam  kegiatan rapat Konsoludasi  Penanggulangan Dampak Covid-19 yang dipimpin Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.Ph, menyampaikan bahwa,  berdasarkan data beberapa negera yang  terkena wabah  Covid-19 seperti  Negara Italia,  Spanyol, Perancis,  Cina, Korea Selatan  sudah mulai menurun kasusnya, dan saat ini  Justru Amerika  kasus yang terbanyak dengan jumlah sekitar  Tiga Ratus Tiga Puluh Ribu  kasus Covid-19“didunia ini kasus Covid-19 sekitar Satu koma Empat Juta kasus,  dan kasus dengan jumlah tiga ratus tiga puluh ribu ini adanya di Amerika dan jumlah ini belum merupakan pencapaian puncak, dan saat ini semua Negara didunia ingin mencari fisik puncaknya kasus itu  kapan  dan mulai menurunnya”.

Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.Ph,  menjelaskan, bahwa  apapun kejadian yang terjadi saat ini akibat Covid-19 yang terjadi  ada saat ini,  kita harus selalu mewaspadainya”karena kasus yang meninggal dunia akibat Covid-19 ini sudah sekitar seratus Sembilan puluh delapan yang meninggal , jadi berapa banyak kasus Corona yang tidak terdeksi, karena kemampuan  fasilitas  yang terbatas”. 

“berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Sintnag  pada hari Senin,06/04/2020  Total laporan Orang Masuk  ada sebanyak Dua Ribu Tiga Ratus Dua Puluh Lima  orang, Total Data ODP Real sebanyak Dua Ratus Lima Puluh Lima orang,  Total Lepas Masa karantina Sembilan Ratus Lima puluh enam Orang,  PE Komulatif  Dua Ribu Seratus Tiga Puluh Enam  orang,  Data  Orang Tanpa Gejala(OTG) sebanyak Seribu  seratus Empat Belas orang”  tegas Jarot Winarno

Menurut Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.Ph,, mulai sekarang sebaiknya apabila  kita keluar rumah  kita wajib memakai masker sesuai arahan WHO  dan Departemen Kesehatan-RI “dan kita tau saat ini memang  stock masker di kabupaten sintang masih kosong , dan kita boleh memakai masker dari kain , guna melindungi diri kita dan orang lain, untuk memutus mata rantai Covid-19 di daerah ini, walaupun saat ini dalam kondisi masih aman, kita harus tetap selalu waspada diri”.

Guna mencegah  Covid-19 di Kabupaten Sintang Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.Ph,  berharap agar pihak Perbankan persatu april melakukan Relaksasi pembayaran kredit kepada masyarakat , dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  mulai per 1 April  2020 sesuai dengan edaran OJK  itu kita patuhi”dan juga kami  harapkan  para Perbankan maupun perusahaan bisa berpartisipasi  untuk memberikan bantuan CSR berupa masker kepada masyarakat”.

kepada para nasabahnya  Adapun salah satu insentif yang diberikan yakni berupa relaksasi pembayaran kredit bagi masyarakat.amaupun Usaha Non perbankan untuk ikut berpartisipasi 
Sementara itu , Dalam kesmepatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Sintang  Harry Sinto Linoh  menjelaskan, bahwa dengan jumlah laporan  data  orang yang masuk baik dari Jakarta maupun dari daerah-daerah lain sebanyak Dua Ribu Tiga Ratus Dua Puluh Lima  orang yang telah kita ODP  ada sebanyak Dua Ratus Lima Puluh Lima orang, jumlah ini  tergolong cukup banyak sehinngga kita harus selalu mewaspai dengan pola hidup  bersih dan sehat, dan mengetrapkan aopa yang dianjurkan oleh Pemerintah guna  mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Sintang, kendati saat ini kasus Covid-19 masih aman dalam Zona putih.   

Sumber: Hms Pemkab 
Editor : Mit .

Previous
« Prev Post