HEADLINE NEWS

Desa Tanjung Beringin Raya Mewakili Kecamatan Tanah Pinoh Lomba Desa Tingkat Kabupaten Melawi.

 


Cybernews.id -Melawi - Kalbar 

Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Melawi mengadakan penilaian atas administrasi Desa di Desa Tanjung Beringin Raya, Senin 14 Mei 2024. Tim Penilai dari Kabupaten Melawi yang diwakili oleh Ibuk Tian Eli Sabet Kutar Kutar bersama Tim penilai melihat dan meneliti secara langsung kelengkapan  Dokumen Administrasi Desa yang telah disiapkan oleh Desa Tanjung beringin raya, Evaluasi perkembangan Desa adalah salah satu upaya dalam meningkatkan penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2022." Jelasnya.



Kepala Desa Tanjung beringin raya H.Muhamad Ali Melaporkan dalam kata sambutannya  Desa Tanjung  Beringin Raya jumlah KK  211 KK 

dan Dua Dusun Empat RT/RW, kendala terkait membangun Desa ada lah Mobilisasi matrial susah dikarenakan lagi nyebrang sungai Pinoh mempergunakan perahu/sampan, Kepala Desa M.Ali berharap semoga Tahun 2025 jembatan Pinoh sudah bisa di lewati."harapannya.


Camat Tanah Pinoh/Kota Baru Budiman S.Sos, M.AP,  mengatakan Desa Tanjung Bering raya merupakan perwakilan dari Kecamatan Tanah Pinoh yang diajukan dalam lomba Desa Tingkat Kabupaten.  Sebelum diajukan di tingkat Kabupaten, Kecamatan melakukan upaya penilaian antar desa yang ada di Desa terkait kelengkapan data dan data pendukung sebelumnya telah di upload melalui aplikasi. 


Lanjut nya Camat menjelaskan, Tim Monitoring dan Penilaian itu sendiri melibatkan unsur pegawai dilingkungan Kabupaten bersama dengan UPT KB, Puskesmas serta Dinas Pendidikan yang ada di wilayah Kabupaten Melawi.


"Jadi tim tersebut berkeliling ke setiap desa melakukan pengecekan administrasi sekaligus memberikan pembinaan dan arahan kepada aparatur pemerintah desa agar kedepannya aspek administrasi tersebut dapat lengkap dan benar," kata Camat.


Tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat semata, diselenggarakannya lomba desa ini juga sebagai bahan evaluasi bagi seluruh aparatur pemerintah desa. Terutama dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan serta pelaksanaan pembangunan di wilayahnya masing-masing. 


"Tentunya ini berkaitan dengan peningkatan pelayanan publik, kita lihat juga dari aspek perencanaannya, penyusunan APBDesnya, efektifitas dalam pelaksanaan APBDesnya. Jadi kita lihat sejauhmana APBDes ini menyelesaikan permasalahan yang ada di desa termasuk pelayanan itu sendiri," jelasnya.

Previous
« Prev Post