HEADLINE NEWS

Sampah Numpuk Berserakan Kurang Elok Di pandang .

 


Cybernews.id - Sintang - Kalbar. 

Upaya menjaga kebersihan lingkungan masih sangat minim bagi masyarakat Kabupaten Sintang terutama yang berada di wilayah pinggiran jalan perlintasan kendaraan. Dimana pada pagi hari ini Sabtu (13/04/2024), masih saja ditemukan sampah berserakan di pinggiran jalan terutama terlihat jelas di Jalan Adi Sucipto Pasar Inpres, tepatnya di depan Toko Foto Copy Anugerah, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang. Dimana sampah masih saja berserakan hingga menimbulkan bau yang tidak sedap. 


Melalui kesempatan ini Rayendra, SH selaku pemerhati lingkungan sungai dan darat menyampaikan beberapa isu yang menjadi kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan hidup. 


"Ya, bagaimana pun sampah merupakan tanggungjawab masyarakat dan Pemerintah dalam mengelolanya. Persoalan sampah dibanding harus ditarik benang merahnya, mengapa masyarakat seenaknya membuang sampah disana? Dan mengapa terjadi pembiaran oleh pihak DLH, yang jelas pembiaran sampah dipinggir jalan maupun dipinggir sungai adalah hal yang tidak baik, akan menjadi preseden buruk terhadap citra daerah," ungkap bang Iin sapaan akrabnya kepada media ini pada hari Sabtu sore (13/04/2024).


Bang Iin menambahkan, Dan ini harus selesai dalam waktu dekat jika tidak akan berdampak pada lingkungan hidup, selain pencemaran udara, juga pencemaran terhadap air dan tanah yang merugikan kesehatan masyarakat itu sendiri.


"Seharusnya disetiap RT dan Kelurahan ada pengelolaan sampah mandiri, yang nantinya bisa bekerja sama dengan DLH. Dan yang paling penting semua nya masyarakat harus sadar membuang sampah pada tempatnya. Tidak boleh dibuang dipinggir jalan atau dipinggir sungai," pungkasnya. (  red) 

Previous
« Prev Post