HEADLINE NEWS

Koprasi Piasak Mandiri Mengadakan Rapat Anggota Tahunan (Rat)



Cybernews.id - Sekadau - Kalbar. 

Ketua koprasi Perkebunan Piasak Mandiri ,( Kopbun) Nasarius Kem mengadakan Rat Yang berlangsung di Langkau Penogok Rimba Engkulong Desa Setawar Jumat 05/04/2024.


Rat ,Kopbun Piasak Mandiri dengan Semboyan"Kami Petani,Kami Penjaga Hutan Menuju Sawit Bekelanjutan.


Berdasarkan Penjelasan Ketua kepengurusan Kopbun Piasak Mandiri jumlah Angota,58 Orang dengan Luas lahan perkebunan,120 Hkt,dengan hasil Produksi,410 ton.Selama tahun 2023.



Tak hanya itu" Nasarius Kem menjelaskan Kopbun Piansak Mandiri Bimbingan PT.AN Dampingi SPKS Gelar RAT Ke 3 TB 2023 Kopbun Piansak Mandiri berdiri atas inisiasi dari Serikat Petani Kelapa Sawit  (SPKS) kabupaten Sekadau dan untuk teknis kebun di bimbing dan bekerja sama dengan PT.Agro Andalan.


"Nasarius Kem menambahkan, untuk akses penjualan TBS, Kopbun Piansak Mandiri sudah mengunakan data pengiriman buah (DTB) Kopbun dan dijual langsung ke PKS 8 milik PT Agro Andalan "terang Nya.


"Untuk penjualan TBS kami sudah langsung ke PKS 8 milik PT.Agro Andalan tanpa melalui tengkulak" tutur Nasarius Kem. 


Ketua bidang Organisasi SPKS kabupaten Sekadau "Sudarno dalam sambutannya mengatakan bahwa Kopbun Piansak Mandiri adalah salah satu Kopbun yang berdiri atas inisiasi SPKS kabupaten Sekadau, dan sampai saat ini SPKS sudah berhasi mengantarkan Kopbun Persada Engkersik Lestari (PEL) mendapatkan sertifikasi Indonesia Suataneble Paml Oil (ISPO) pertama di Kalbar dan sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Kedepan, SPKS juga akan mendorong beberapa Kopbun untuk diajukan agar mendapatkan sertifikasi ISPO maupun RSPO."sampai nya.


Kepala dinas koperasi UKM dan Transmigrasi kabupaten Sekadau  St.Emanuel S.KM mengapresiasi Kopbun Piansak Mandiri atas pelaksanaan RAT ini. Ini menunjukan bahwa Kopbun Piansak Mandiri sudah memenuhi perintah UU nomor 25 tahun 1992 tentang Koprasi "trang, Emanuel.


Ia menambahkan jumlah koperasi di kabupaten Sekadau mengalami pertumbuhan yang pesat terbukti pada tahun 2022 jumlah koperasi di kabupaten Sekadau ada 193 koperasi, dan pada tahun 2023 meningkat menjadi 203 koperasi. Dengan bertumbuhnya koperasi, kata Emanuel, pertumbuhan ekonomi kabupaten Sekadau juga mengalami pertumbuhan yang selaras dengan program Pemkab yaitu Maju,Sejahtera dan Bermartabat. "Pungkas nya.


Hadir dalam Acara tersbut, Kepala bidang Koprasi,kasi, Babinsa Babinkantibmas ketua Bumdes Desa setwar Serta Angota Kopbun Piasak Mandiri.(Ws).

Editor : mit. 

Previous
« Prev Post