HEADLINE NEWS

Hari Kesiapsiagaan Bencana, Tingkatkan Kesadaran dan Kewaspadaan Bencana

 


Cybernews.id- Kota Langsa 

Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) diperingati tanggal 26 April 

Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) diperingati tanggal 26 April. Peringatan tahunan yang diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bertujuan meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat, utamanya yang menetap di daerah rawan bencana.


Dilansir dari beberapa sumber, BNPB menjadikan 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana, karena bertepatan dengan ditetapkan UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. UU ini lah menjadi hukum pertama yang mengubah penanggulangan bencana dari responsif ke preventif.


Kampanye Hari Kesiapsiagaan Bencana pertama kali diperingati pada 2017. Hal ini dilatarbelakangi oleh 10 tahun ditetapkannya UU tersebut.


Sejak saat itu, BNPB melalui Hari Kesiapsiagaan Bencana mengedepankan aksi nyata terkait pemeriksaan keberadaan, keberfungsian, hingga kelengkapan sarana dan prasarana keselamatan. Hal itu, meliputi alat pemadam api, manajemen keselamatan bangunan bertingkat, dan sebagainya.


Terlebih, BNPB berharap agar masyarakat dapat berlatih untuk mengasah naluri dengan latihan evakuasi. Setiap tahunnya, peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana memiliki tema yang bervariasi.


Dilansir dari situs Kemdikbud, Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 mengangkat tema "Siap untuk Selamat". Dengan subtema "Indonesia Tangguh Indonesia Hebat".


Gerakan Siap untuk Selamat dilaksanakan dengan simulasi evakuasi mandiri secara nasional. Ini dilakukan serentak pada 26 April pukul 10.00 waktu setempat di seluruh Indonesia. Ujar Dr. T. Hasan Basri, S.Pd., M.Pd

(M.Rosuli)

Editor : mit. 

Previous
« Prev Post