HEADLINE NEWS

Forum Pengurangan Resiko Bencana Kota Langsa Ucapkan Selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024



Cybernews.id, Kota Langsa | Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) diperingati setiap tahun pada tanggal 26 April. Peringatan tahunan ini diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terkait bencana di daerah rawan bencana di Indonesia.

Berikut serba-serbi Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 atau HKB 2024.


Tema Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024

Dikutip dari situs Kemdikbud, peringatan HKB sudah dilakukan sejak tahun 2017 dan menjadi momentum membangun budaya sadar bencana di mana masyarakat melakukan evakuasi secara mandiri secara rutin. Untuk tahun ini, Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 mengangkat tema "Siap Untuk Selamat" dengan subtema "Indonesia  Tangguh Indonesia Hebat".

Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan bencana di satuan pendidikan dan meningkatkan partisipasi seluruh stake holder terkait dalam pelaksanaan HKB Tahun 2024, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek telah mengedarkan surat nomor 11385/A.A7/HM.00.00/2024 Perihal Partisipasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024.


Surat tersebut berisi imbauan kepada seluruh Perguruan Tinggi di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III untuk bisa berpartisipasi dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024. Berikut kegiatannya.


1. Berpartisipasi dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dengan melakukan beberapa pilihan kegiatan sebagai berikut:


Sosialiasi, edukasi dan kampanye publik/sosial media terkait SPAB;

Peningkatan keterampilan dan kapasitas warga satuan pendidikan dalam penyelenggaraan SPAB;

Pengecekan sarana dan prasarana keselamatan, penyusunan uji prosedur tetap/ PROTAP, kesiapan personil dan pengecekan logistik peralatan kebencanaan yang ada dalam satuan pendidikan;

Uji sistem dan alat peringatan dini, pengecekan jalur, rambu dan tempat evakuasi yang ada di dalam satuan pendidikan; dan/atau

Latihan penyelamatan diri, evakuasi mandiri dan simulasi kebencanaan pada tanggal 26 April 2024 pada pukul 10.00 waktu setempat.


2.

Berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat / lembaga lainnya seperti Badan SAR Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran, Palang Merah Indonesia (PMI), Gerakan Pramuka, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdhatul Ulama (LPBI NU), Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), dan lembaga lainnya yang memiliki kompetensi dan kapasitas dalam penanggulangan bencana khususnya program SPAB dalam melaksanakan rangkaian kegiatan HKB 2024. Kegiatan HKB 2024 dapat dilaksanakan pada bulan April 2024.


3.Mendaftarkan atau melaporkan kegiatan HKB tahun 2024 yang dilaksanakan di masing-masing Satuan Pendidikan


Sejarah Hari Kesiapsiagaan Bencana

Pemerintah melalui BNPB menginisiasi dan mencanangkan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana. Tanggal tersebut dipilih untuk memperingati momentum bersejarah kesadaran masyarakat Indonesia dengan ditetapkannya UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.


UU ini adalah perangkat hukum pertama yang mengubah paradigma PB dari responsif ke preventif (pengelolaan risiko bencana). Dilatarbelakangi 10 tahun sejak ditetapkannya Undang-Undang No.24/2007, maka pada 26 April 2017, Kampanye Kesiapsiagaan Bencana Terbesar di Indonesia untuk pertama kalinya dilakukan.


Gerakan Siap untuk Selamat yang dimulai dengan simulasi evakuasi secara nasional dilakukan secara serentak pada tanggal 26 April pukul 10.00 waktu setempat di seluruh Indonesia. Gerakan ini berhasil memobilisasi lebih dari 10 juta orang dari instansi pemerintah, LSM, organisasi keagamaan, organisasi relawan, sekolah, lembaga usaha dan media massa. Dr. T. Hasan Basri, S.Pd., M.Pd (M.Rosuli)

Editor : mit. 

Previous
« Prev Post