HEADLINE NEWS

Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu Tahun 2024

 



Cybernews.id, Kota Langsa – Polres Langsa menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS PemiluTahun 2024 yang dipimpin oleh Kapolres Langsa Andy Rahmansyah, S.I.K., S.H. M.H. di Lapangan Merdeka Kota Langsa, Senin (12/2/2024).


Turut hadir mengikuti apel tersebut, Pj. Walikota Langsa Syaridin, S.Pd, M.pd, Kajari Langsa Efrianto, SH, MH, Unsur Forkopimda, Kapolsek, Camat dan peserta apel Personil Polres Langsa, Kodim 0104/Atim, Brimob Kompi 2 Aramiah, Satpol PP dan Satlinmas Se-Kota Langsa.


Walikota Langsa Syaridin pada apel tersebut mengatakan, Apel yang kita laksanakan pagi ini merupakan implementasi dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 300.2.239/SJ Tentang Peningkatan Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pelindungan Masyarakat dalam Rangkaian Pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.


“Pemerintah Kota Langsa menyerahkan anggota Satlinmas kepada Polresta Kota Langsa sebagai Bawah Kendali Operasi (BKO) dalam rangka mendukung Pemilu serentak 2024 di tiap-tiap TPS”, papar Pj. Walikota Langsa.



Selanjutnya Syaridin mengingatkan kepada para penyelenggara pemilu untuk tetap menjaga netralitas. Kita memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk mengedepankan prinsip netralitas dalam setiap tindakan dan keputusan yang kita ambil. Oleh karenanya, Netralitas harus kita junjung tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai penyelenggara pemilu.


Ucapan Terimakasih kepada seluruh stakeholder, karena sampai dengan saat ini situasi kamtibmas tetap kondusif dan semoga semua ini dapat terus dipertahankan hingga dengan selesai dan suksesnya Pemilu 2024 nanti, tutupnya.


Kapolres Langsa Andy Rahmansyah dalam sambutannya mengatakan, rangkaian kegiatan tahapan Pemilu ini sudah dimulai dari Tahun 2023 yakni dalam rangka menyukseskan  pelaksanaan Pemilu 2024. 



“Polri sebagai aparat yang diberi kepercayaan untuk mengamankan Pemilu secara aman, tertib dan lancar serta harus bisa memberikan jaminan agar pesta demokrasi terlaksana secara langsung umum bebas rahasia (luber) serta jujur dan adil”, jelas Kapolres Langsa.


Pengamanan pemungutan suara adalah sebuah amanah yang harus kita laksanakan dengan penuh dedikasi, kehormatan, dan profesionalisme. Polri adalah garda terdepan dalam memastikan proses demokrasi dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan damai, lanjutnya.


“Untuk itu, dalam rangka mendukung penguatan pengamanan TPS, Polres Langsa akan menggeser 386 Personel Polri, dan 1.510 Linmas ke TPS yang tersebar di wilayah hukum Polres Langsa”, ungkap Kapolres Langsa.


Lalu Andy Rahmansyah menambahkan, sebelum pemberangkatan, telah dilaksanakan sejumlah kegiatan pendukung seperti pemeriksaan kesehatan, pembagian kaporlap, obat-obatan guna mendukung pelaksanaan tugas saudara serta pembagian buku saku yang harus dipedomani dalam pelaksanaan tugas di lapangan.


Dia juga menekankan beberapa point penting untuk menjadi atensi dan pedoman dalam melaksanakan tugas pengamanan TPS yakni,

  Senantiasa meningkatkan ketaqwaan dan keimanan serta selalu menjaga kesehatan saat bertugas.

  Jaga netralitas sebagai petugas pengamanan dan tidak memihak kepada siapapun.

  Hindari sikap arogansi dan selalu bersikap humanis pada saat bertugas.

  Jaga sinergitas dan soliditas dengan TNI, Penyelenggara Pemilu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Instansi Terkait lainnya.

  Selalu waspada dan siaga pada saat bertugas serta perhatikan faktor keselamatan masing- masing.

  Laksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.

  Laporkan setiap perkembangan kepada atasan/pimpinan secara berjenjang.(M.Rosuli)

Editor : mit. 

Previous
« Prev Post