HEADLINE NEWS

Pemerintah Kota Langsa Bersama Pemerintah Kabupaten Bener Meriah Melakukan Penandatanganan MoU




Cybernews.id, Langsa - Pemerintah kota Langsa bersama Pemerintah kabupaten Bener Meriah melakukan penandatanganan MoU kerjasama antar daerah perdagangan komoditi pangan dan komoditi pertanian.


MoU tersebut di tandatangani oleh Pj. Walikota Langsa, Syaridin, S.Pd, M.Pd dan Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si, di Oproom lantai dua Setdakab Bener Meriah, Kamis, (11/01/24). Disaksikan oleh para pejabat setempat.


Hadir mendampingi Pj. Walikota Langsa, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra Setda Kota Langsa, Suriyatno AP., MSP, Kepala Disperindagkop Kota Langsa, Mahlil SH, Sekretaris DPRK Langsa, Gunawan Abdillah, S.STP., MSP, Inspektur Kota Langsa, Syahrial SE, Kepala BPKD Kota Langsa, Khairul Ikhsan S.STP, Kabag. Pemerintahan Setda Kota Langsa, Hendri Soenandar, S.STP.


Pj Walikota Langsa Syaridin menuturkan bahwa kerja sama tersebut dalam rangka menekan angka inflasi untuk pemenuhan komoditi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang tidak dihasilkan di kota Langsa.


"Kerjasama ini adalah bentuk implementasi arahan Presiden Jokowi dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan menekan angka inflasi oleh Pemda, sehingga sebagian komoditi yang terbatas di Kota Langsa harus di pasok dari Bener Meriah. Kami menyadari bahwa banyak hasil pertanian di Bener Meriah yang tidak ada di Kota Langsa," terang Syaridin.


Selain itu, Syaridin juga memaparkan sejumlah produk unggulan UMKM kota Langsa yang dapat di pasarkan ke wilayah Aceh bagian tengah.


"Pada hari ini kami juga memperkenalkan produk UMKM asal kota Langsa seperti terasi, kecap dan tauco. Jadi MoU ini sangat bermanfaat untuk kedua daerah dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat," tandasnya.


Hal senada disampaikan Pj. Bupati Bener Meriah, Dra. Haili Yoga, M.Si mengatakan bahwa MoU atau kerjasama dalam bidang pengan dan pertanian tersebut cukup tepat dilakukan dalam rangka mengatasi dampak inflasi.


Haili Yoga berharap dengan di lakukannya MoU, Bener Meriah dan Kota Langsa dapat memberikan dampak yang baik kepada masyarakat di kedua daerah itu khususnya kepada pelaku usaha dan petani.


“Ini merupakan langkah maju sebagaimana harapan yang nantinya oleh para pelaku usaha dan para petani selaku pemilik komoditi baik di Kabupaten Bener Meriah maupun Kota Langsa,” ujar Haili.


Usai penandatangan MoU kerjasama kedua kepala daerah  saling bertukar cinderamata serta oleh - oleh dari Pemerintah Kota Langsa menyerahkan terasi dan tauco khas kota langsa sementara pemerintah kabupaten Bener Meriah menyerahkan kopi khas daerah.


Selanjutnya, rombongan Pemerintah kota Langsa bersama Pj. Sekda Bener Meriah Khairmansyah dan para kepala OPD setempat meninjau panen cabai merah di Kampung Sukamakmur, Kecamatan, Wih Pesam.


Pj. Wali Kota Langsa mengaku sangat takjub dengan hasil panen cabai para petani di Kabupaten Bener Meriah tersebut.

(M. Rosuli)

Editor : mit 

Previous
« Prev Post