HEADLINE NEWS

Tingkatkan Pengetahuan Petani Kebun Ireng, Satgas TMMD Ke-117 Kodim 0104/Atim Gelar Penyuluhan Pertanian



Cybernews.id Kota Langsa - Demi meningkatkan pengetahuan masyarakat di Gampong Sukajadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa dalam bertani, Satgas TMMD menggelar kegiatan penyuluhan pertanian, Rabu (02-08-2023).


Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P. selaku Dansatgas pada pelaksanaan Program TMMD ke-117 Kodim 0104/Aceh Timur tahun 2023 ini, menyampaikan bahwa kami Satgas TMMD selain melaksanakan sasaran fisik, kami juga melaksanakan sasaran non fisik, salah satunya Sosialisasi Pertanian, "ucapnya.


Dimana Sosialisasi Pertanian ini melibatkan anggota Satgas Sertu Eko Purwanto yang mensosialisasikan pembuatan Pupuk Organik cair dan penerapan dilapangan serta berkolaborasi dengan petani di Gampong Sukajadi Kebun Ireng Pak Sudarmawan, dan juga melibatkan Dinas Pertanian Pemko Langsa.


Tujuan dari pada kegiatan Sosialisasi Pertanian ini adalah meningkatkan hasil produksi petani, dengan menggunakan pupuk organik cair buatan sendiri, dan tidak bergantung pada pupuk kimia, demi terwujudnya ketahanan pangan nasional. Dan inti dari semua pelaksanaan kegiatan ini adalah demi terwujudnya kemanunggalan TNI dan Rakyat, "jelas Dandim. 


Sertu Eko Purwanto dalam materinya tersebut menerangkan penyuluhan ini diadakan sebagai salah satu upaya untuk memecahkan masalah masyarakat dalam meniti usaha pertanian.


"Yang kita ingin taraf hidup masyarakat khususnya Gp. Sukajadi Kebun Ireng dapat meningkat dengan keberhasilan mereka dalam meniti usaha pertanian yang ditekuni. Jadi pengetahuan mereka memang perlu kita tingkatkan lagi," ujarnya.


Ia berharap, melalui kegiatan penyuluhan pertanian yang telah digelar ini, keterampilan petani Gp. Sukajadi Kebun Ireng dalam bertani dapat semakin meningkat kedepannya. Sehingga, dalam meniti usaha tersebut bisa sukses dan menghasilkan produksi pertanian yang memadai.


Sementara Kabid Penyuhan Pertanian Pemko Langsa Leli Andriani, SP. menambahkan, kegiatan ini kita laksanakan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam bertani. Jadi harapan kita setelah mendapatkan pengalaman dari sini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, "pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Pasiter Kodim 0104/Atim Kapten Inf Syahrial selalu koordinator umum Satgas TMMD ke-117, Kapten Inf Sudarto selalu koordinator kegiatan Sosialisasi Pertanian, Penyuluh Pertanian Lapangan wilayah Kecamatan Langsa Lama, dan para petani Gp. Sukajadi Kebun Ireng.(M.Rosuli/Red)

Previous
« Prev Post