Pekan Gawai Dayak Kabupaten Melawi ke-XV Resmi Dibuka

 




Cybernews.id - Melawi - Kalbar.


Pekan Gawai Dayak Kabupaten Melawi ke-XV resmi dibuka pada rabu (03/05/2023) di Stadiun Olah Raga Raden Temenggung Setia Pahlawan Kabupaten Melawi.


Acara pembukaan di awali dengan pemotongan empung serta pemukulan Egung oleh Tokoh Dayak Nasional, yang merupakan Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus, S.Sos.,M.Si,dan turut didampingi oleh Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa,S.Pd, Ketua DAD Kabupaten Melawi yang juga Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen,Ketua (PGD) Ke-XV Saleh Tapa, dan tokoh adat lainnya.



Ketua Panitia Gawai Dayak ke-XV, Saleh Tapa menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah, kepada para donatur dan semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan gawai Dayak ke-XV tahun 2023 ini bisa terlaksana.


Ketua DAD Kabupaten Melawi, yang juga Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen dalam sambutannya mengatakan Gawai Dayak yang diselenggarakan ini kita beri tema Dayak Bersatu Dayak Maju, dan dalam sejarahnya merupakan kegiatan syukur suku bangsa dayak kepada Tuhan atas rezeki berlimpah berupa panen padi",ujarnya.


Drs. Kluisen juga mengucapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah, Jajaran TNI dan Polres Melawi, Panitia Gawai Dayak, Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR), DAD se-Kecamatan, pemuka adat, seluruh masyarakat dan pihak yang telah ikut mendukung terselenggaranya kegiatan PGD ke-XV ini.


“Melalui PGD ke-XV ini, mari kita suku Dayak bersatu sesuai tema; Dayak Bersatu Dayak Maju, Sesuai slogan Bupati Melawi, Adil, Pantas, Hebat, yang berlandaskan gotong royong, serta harmonis dalam keberagaman. Mari kita bersinergi bersama-sama dalam mewujudkan pembagunan di Kabupaten Melawi yang kita cintai ini”, ujarnya.


Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa S.Pd dalam sambutannya mengatakan Gawai Dayak yang diselenggarakan setiap tahun ini bertujuan untuk melestarikan ritual adat yang sudah ada sejak turun menurun, sekaligus sebagai sarana untuk mengembangkan seni dan budaya yang dapat dinikmati tidak hanya suku dayak saja tetapi oleh seluruh masyarakat Kabupaten Melawi. Maka dari itu, Bupati Melawi H.Dadi Sunarya Usfa Yursa S.Pd memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan tersebut." Jelasnya.


Tokoh Dayak Nasional, yang juga Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus, S.Sos.,M.Si mengatakan,masyarakat Dayak harus bersatu sesuai tema; Dayak Bersatu Dayak Maju, orang dayak harus mampu sejajar dengan suku bangsa lainnya di dunia ini. Untuk mencapai hal tersebut, orang dayak harus mempersiapkan kompetensi diri dengan menambah pengetahuan dan wawasan."katanya.


Dalam acara pembukaan gawai Dayak tersebut berlangsung meriah, ribuan masyarakat dari berbagai kalangan memenuhi kawasan Stadiun Olah Raga Raden Temenggung Setia Pahlawan Kabupaten Melawi, Kemeriahan semakin tampak dengan kehadiran pasukan merah di lapangan. Turut hadir dalam PGD ke-XV Kabupaten Melawi, Forkopimda Kabupaten Melawi, Anggota DPR RI, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Melawi,Bupati Sintang dan rombongan, Bupati Sekadau, Bupati Sanggau, Bupati Kepuas Hulu, Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i.S.I.K.,S.H.,M.H,

Kodim 1205 Sintang, Ketua (PN) Sintang, Kepala Kejaksaan Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, OPD di lingkungan Pemkab Melawi, Ketua DAD se-Kalimantan Barat, serta undangan lainnya.Abd/Red.

Previous
« Prev Post