Penyaluran Dana Desa Tahap I Desa Merpak



Cybernews.id - Sintang. 

Intervensi Pemerintah melalui prograam (kebijakan) untuk kesejahteraan masyarakat sudah di.terapkan melalui berbagai bidang kegiatan


Hal itu terbukti dengan dibentuknya kelompok pemberdayaan di masyarakat sebagai mitra Pemerintah Desa dalam rangka percepatan pencapaian peningkatan Index Desa Membangun (IDM).


Kementrian Desa telah menetapkan berbagai langkah-langkah strategis dengan menerbitkan undang-undang dan peraturan lainnya tentang desa.


Berdasarkan UU dan peraturan tersebut, maka dibentuk kelompok masyarakat yang bertujuan menyampaikan data dan informasi kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi dalam menetapkan kebijakan pembangunan mendatang.


Kebijakan terbaru yang menjadi program prioritas Pemerintah yaitu dengan diterbitkannya Pepres No. 72 tentang Stunting.


Intervensi Stunting dilakukan diberbagai tingkatan instansi terkait di Pemerintah sampai ke tingkat Pemerintahan Desa.


Pemerintahan Desa Merpak, dalam rangka melaksanakan perintah undang-undang, maka Senin, 6 Maret 2023 melakukan Pencairan penyaluran Dana Desa tahap I (40%) tahun anggaran 2023 secara terbuka kepada masing-masing petugas penerima manfaat di Desa Merpak.


Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Tenaga Pendamping Kabupaten Sintang, Drs. Syaiful Nour, Pendamping Kecamatan Hardiansyah, SE., dan Gusti Tri Ahmadi, ST., serta PLD Merpak, Mesamadi.


Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Merpak, H. Jabang, Sekdes, perangkat dan BPD, Linmas, KPM, Kader Posyandu serta tokoh masyarakat di Desa Merpak. 


Syaiful Nour, menegaskan bahwa "Lembaga-lembaga pemberdayaan masyarakat seperti petugas KPM, PKH, Tenaga Pendamping Profesional (TPP), Karang Taruna, Kader Posyandu serta dusun sampai RT diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa".


"Sekarang ada Pepres 72 tentang Stunting, ini artinya pendataan harus cepat selesai dan segera dilaporkan oleh petugas, jangan lupa di update terus hasil pendataannya", ujar Syaiful.


Kepala Desa Merpak, H. Jabang, menekankan "saya harap semua perangkat desa, Kaur, Kadus, RT, KPM dan semuanya segera bekerja", ucap H. Jabang.


"tugas dan tanggung jawab kita besar, jadi harus bersungguh-sungguh dalam bekerja, ada amanat rakyat yang kita pikul, jangan mengecewakan orang banyak", Tegas H.Jabang.


Kepada rekan-rekan BPD saya harap dukungannya, karena membangun ini merupakan kita bersama, untuk kepentingan masyarakat luas", pungkas H.Jabang. (Red - Tim).

Previous
« Prev Post