Penanggulangan PMK dan LSD Jadi Pembahasan Gelaran Silaturahmi dan Raker Tahun 2023 APSJB






Cybernews.id - Bogor. 

Asosiasi Peternakan Sapi Jawa Barat (APSJB) gelar silaturahmi dan rapat kerja (Raker) Tahun 2023. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, Arifin Soendjayan datang secara langsung memimpin kegiatan acara yang diselenggarakan di Kampung Tanggulun, Cariu, Kabupaten Bogor, pada Minggu (19/2).



Acara yang diawali dengan coffe break, diteruskan dengan beberapa sambutan yang dimulai dari ketua panitia acara, Andyan yang menerangkan maksud dan tujuan dilangsungkan nya kegiatan oleh kumpulan para peternak, yang tergabung dalam APSJB.


Arifin Soendjayan, selaku Kadis DKPP Jawa Barat, dalam paparannya, lebih mensosialisasikan dan mengedukasi mengenai pentingnya menjaga tingkat kebersihan baik hewan maupun kandang ternak, untuk menghindari adanya wabah penyakit PMK dan LSD.


"Saya berharap peternak patuh terhadap protokol PMK, termasuk vaksin untuk sapi. Mulai sekarang suntiklah hewan ternak anda dengan vaksin, dan itu gratis, untuk keberlangsungan ternak," ungkapnya.


Menyikapi adanya wabah PMK, lanjut Djafar, pihaknya telah ekstra menyebarluaskan vaksin melalui puskeswan di setiap kedinasan baik itu ditingkat Kota/maupun Kabupaten yang ada di Jawa Barat.


"DKPP Jawa Barat telah membentuk satgas PMK, selain telah menyebarkan vaksin untuk hewan ternak, kami DKPP telah memperketat aktivitas transportasi ternak yang masuk ke wilayah jawa barat, melalui 2 (dua) pos cheking yang ada di Losari dan Banjar. Tujuannya untuk mencegah masuknya hewan ternak yang telah terpapar PMK dari luar wilayah, ke jawa barat," terang dia.


Mendekati pelaksanaan iedul kurban, pihak DKPP disampaikan oleh Djafar terus mengupayakan untuk meminimalisir terpaparnya PMK pada hewan ternak (Sapi), khususnya di wilayah jawa barat.


"Smoga iedul adha yang akan datang, dimana tingkat kebutuhan akan daging sapi melonjak, kami berusaha mengupayakan untuk zero kasus pada hewan ternak, baik kambing, domba, maupun sapi," tutupnya.


Senada, Ketua Asosiasi Peternak Sapi Jawa Barat (ASPJB), Wahyu Widyatmoko, ST,. MBA., menyebut penekanan penanggulangan dan men-zero kan LSD dan PMK menjadi target utama dari asosiasi dalam raker.


"ASPJB begitu perduli atas keberlangsungan ternak dari para anggota. Sosialisasi dan edukasi yang telah dipaparkan melalui forum silaturahmi ini kiranya kedepan dapat lebih menambah ilmu dan pengetahuan akan pencegahan dan penanggulangan terkait LSD dan PMK untuk keberlangsungan ternak dari setiap anggota," imbuhnya.


Diakhir acara, gelaran seminar berbentuk diskusi oleh beberapa narasumber yang diantaranya diisi oleh pemateri dari dr. Supri selaku Kabid Keswan dari DKPP Jabar. Penekanan mengenai ke higienisan kandang, maksimalisasi vaksinasi terhadap hewan ternak menjadi topik pembahasan peserta raker.


Sambutan positif turut dinyatakan oleh salah satu peserta yang hadir, Ermawati Fhatimah Wahid, peternak sapi dari desa ternak tahfidz, Desa Pabuaran, Kec Sukamakmur Kab Bogor. Peternak 400 ekor sapi yang dikelola oleh warga lokal, menyebut, mengapresiasi kegiatan silaturahmi dan raker APSJB dan berharap kegiatan seperti ini dapat juga dihadirkan secara berkala.


"Sebagai peternak sapi, apa yang telah dipaparkan oleh narasumber menjadi support positif bagi kami. Penyuluhan betapa pentingnya menyikapi berbagai penyakit hewan, baik LSD dan PMK dapat menjadi asupan positif bagi kami dalam menjalankan kegiatan usaha ternak kami," tuturnya.


Turut hadir dalam acara, perwakilan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) cab kota depok yang merupakan salah satu stakeholder dari APSJB. (Rendy)

Previous
« Prev Post