Tanah Longsor di Sayan, Berikut Penjelasan Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto

 



Cybernews. id - Melawi - Kalbar. 

Tingginya intensitas hujan menyebabkan tanah longsor di Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi, Sabtu (8/10/2022).


Sebanyak tujuh titik tanah longsor yang menimbun jalan provinsi Nanga Pinoh - Kota Baru tersebut, diantaranya di Desa Siling Permai, Desa Nanga Sayan dan Desa Lingkar Indah Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi.



Menyikapi tanah longsor di Wilayah Hukumnya, Kapolsek Sayan Ipda Noviyar Yunus beserta anggotanya bergotong royong bersama masyarakat membersihkan pohon tumbang dan tanah longsor diwilayahnya tersebut. Kapolsek Sayan Ipda Noviyar Yunus beserta Forkopimcam Sayan juga meminjam satu unit alat berat dari PT. Palma untuk membersihkan sisa-sisa longsoran tanah tersebut.


Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K mengatakan pasca kejadian tanah longsor di Kecamatan Sayan tersebut pihaknya melakukan monitoring langsung ke lokasi-lokasi longsoran tanah di Kecamatan Sayan tersebut.


"Kami melakukan monitoring secara langsung dan mengupayakan melakukan pembersihan dibantu masyarakat, dan pihak perusahaan dengan alat berat yang mereka miliki," jelas AKBP Sigit.


Lanjutnya, "Polsek Sayan dan Satlantas Polres Melawi juga melakukan pengaturan arus lalu lintas di area tanah longsor tersebut," terangnya.


Kapolres Melawi AKBP Sigit juga mengimbau masyarakat agar senantiasa waspada dan berhati-hati menghadapi cuaca ekstrem saat ini.


"Dengan cuaca saat ini, bencana alam sangat mungkin terjadi. Baik itu tanah longsor dan banjir, oleh sebab itu kami mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana alam ini. Kami juga sudah bentuk satgas tanggap bencana, bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi hingga ketingkat Kecamatan," paparnya.


Tambah AKBP Sigit, "Setelah dilakukan pembersihan material longsor tersebut, pada pukul 14.00 wib jalan provinsi di Kecamatan Sayan yang mengalami longsor dapat dilalui semua jenis kendaraan, namun masyarakat tetap harus berhati-hati saat melintas di area tersebut karena jalan licin dan cuaca masih hujan," tuntasnya.


Penulis : Oktavianus  

Editor : mit. 

Previous
« Prev Post