Ketua PD GNPK-RI,Kab Sintang Minta Pemkab Sintang Harus Fokus Membangun Infrastruktur Dasar Jalur Perbatasan

 

 


Cybernews. id - Sintang - Kalbar 

 Mesamadi.A.Md ketua PD GNPK-RI Kabupaten Sintang Minta Pemerintah Kabupaten Sintang Bisa menganggarkan  untuk perbaikan dan Peningkatan Jalan Dari Dermaga HTI Desa  Senangan Kecil menuju Simpang Mengerat Desa Raden Jaya.Hal ini disampaikan Mesamadi pada  Senin,11/10/2022.


Menurut Mesanadi Jalan tersebut awalnya jalan perusahaan PT Batasan untuk keperluan mengangkut kayu log.sekitar tahun 1988/1989 pertama pembukaannya. Setelah tutup kayu log dilanjutkan dengan perkebunan akasia maka jalannya dinamakan jalan HTI.  Setelah tutup PT batasan digantikan ole PT Yanmaker dan  PT 88. Setelah Pak Cornelis pertama jadi Gubernur Kalbar ada juga perbaikan di beberapa ruas jalan tersebut,terang Mesamadi.


Kalau dilihat dari sejarah Jalan tersebut sebenarnya tinggal pemeliharaan dan peningkatan mutu nya.namun sayangnya jalan HTI yang banyak menghubungkan antar Desa dan Dusun sebelah Kanan mudik Sungai ketungau seakan diabaikan dan kurang mendapat  perhatian sehingga ada beberapa ruas jalan yang kalau musim hujan jadi genangan Air  dan lumpur,bahkan ada gorong gorong yang roboh seperti di KM,6 Desa Senangan jaya kecamatan Ketungau Tengah.

khusus ruas jalan dari HTI-simpang mengerat desa Raden jaya, kecamatan ketungau tengah Kabupaten sintang provinsi Kalimantan Barat, yang selama ini seperti tidak tersentuh dalam post anggaran,padahal ruas jalan ini adalah akses utama dari berbagai desa ke kecamatan,bahkan sebagai penghubung dengan Kecamatan puring  kencana,kantuk dan Badau kabupaten Kapuas Hulu,  Pungkas Mesamadi.

"ALIN"warga Desa Wana Bhakti Nanga seran mengungkapkan kekesalan nya  untuk Hanya mengantarkan ongkos anaknya yang sekolah di Nanga Merakai mengatakan  melewati HTI ini"saya dan beberapa pengendara motor lainnya untuk menyebrang melewati gorong-gorong yang hanyut beberapa hari lalu ini,harus membayar Rp 20.000 untuk jasa penyebrangan sekali lewat,setiap kami turun kemerakai untuk biaya perawatan sepeda motor  kami tidak kurang 200 sampai 300 ribu harus kami keluarkan,di tambah lagi biaya jasa penyebrangan sungai ketungau kami harus keluar uang 100 ribu untuk pulang-pergi,karena jembatan ketungau 2 yang tidak kunjung selesai,terang Alin.


Hal senada juga di ungkapkan salah seorang warga masyarakat desa gut jaya bhakti (enteloy) SY, Dia juga menambahkan supaya pemerintah harus punya rasa simpatinya lah kepada penderitaan kami,Di sepanjang jalur Mudik Sungai Ketungau.apalagi katanya wilayah kami adalah beranda NKRI,yang katanya berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia bagian serawak,tolonglah perhatikan kami sudah 77 tahun kita Merdeka Masa jalan Jak masih kayak kubangan bukan panjang, bah Jalan dari HTI ke Simpang Mengerat paling sekitar 16 KM, dan kepada anggota DPR Kabupaten sintang, khususnya dapil ketungau,jangan hanya pada waktu kampanye pemilihan ini menjadi jualan politik,untuk memperdayai kami supaya memilih,begitu imbuh nya imbuh Sy. (Sandhy)

Previous
« Prev Post