Polres Sintang Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas 2022

  


Cybernews.id - Sintang - Kalbar .

Polres Sintang melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian Bina Karuna Kapuas 2022 dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kabupaten Sintang, Jum’at (19/8).



Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc (Eng) tersebut juga turut dihadiri oleh instansi-instansi terkait yang juga turut berperan dalam penanggulangan karhutla seperti TNI, BPBD, Satpol PP, Basarnas, Manggala Agni, BMKG dan Damkar.


Dikatakan Kapolres Sintang, apel gelar pasukan tersebut guna memastikan kesiapan personel serta sarana dan prasarana penunjang dalam pananggulangan karhutla di Kabupaten Sintang.


Pada amanat yang disampaikan oleh Kapolres Sintang, dirinya menuturkan bahwa Provinsi Kalimantan Barat termasuk dalam kategori salah satu Provinsi rawan terjadinya Karhutla yang dimana faktor pemicunya yakni pembukaan lahan dengan cara dibakar dan tanpa adanya pengawasan sehingga menjadi tidak terkendali dan dapat menyebabkan kebakaran lahan.


“Dalam penanggulangan karhutla ini, perlu menjadi perhatian dan tanggung jawab seluruh pihak termasuk masyarakat karena kejadian di tahun-tahun sebelumnya kita mengetahui dampak yang ditimbulkan ini cukup luas mulai dari gangguan kesehatan hingga menganggu aktifitas dan paling utama kerusakan lingkungan” Ucap Kapolres.


Lebih lanjut Operasi Bina Karuna Kapuas 2022 tahap kedua ini akan digelar oleh Polres Sintang selama 21 (dua puluh satu) hari dimulai pada 19 agustus hingga 8 september 2022 mendatang.


Sebelum menutup amanatnya, Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian juga meminta seluruh instansi terkait untuk selalu bersinergi dalam upaya-upaya penanggulangan mulai dari memberdayakan patroli api di desa yang berpotensi terjadinya karhutla.


“Untuk mewujudkan bebas asap ini perlu adanya sinergi dari semua pihak khususnya ujung tombak kita yang mana disitu ada Bhabinkamtibmas, Babinsa dimana ini nantinya bersinergi dengan kepala desa setempat untuk mengedepankan upaya-upaya penanggulangan secara masif” Pungkasnya.   

  ( Humas Polres / red )

Previous
« Prev Post