Kapolsek Nanga Pinoh Pimpin Pengecekan dan Pendataan Sapi Milik Warga di Desa Kenual

 


Cybernews.id- Melawi - Kalbar .

Kapolsek Nanga Pinoh Iptu Bhakti Juni Ardi bersama Personilnya aktif melakukan pengecekan dan pendataan sapi milik warga di wilayah hukum Polsek Nanga Pinoh.


Pengecekan dan pendataan di lakukan di kandang sapi milik sdr.Kamarudin yang berada di Desa Kenual Kecamatan Nanga Pinoh dengan jumlah sapi dalam kandang sebanyak 4 ekor.


Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto,S.I.K.,

melalui Kapolsek Nanga Pinoh Iptu Bhakti Juni Ardi mengatakan kegiatan dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran PMK,Senin (18/7/2022).


"Langkah awal kami melakukan pengecekan dan pendataan hewan ternak milik warga sebagai langkah awal pencegahan dan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku,"Ucap Iptu Bhakti.


Ia menambahkan- pada saat pengecekan dan pendataan juga di lakukan edukasi dan imbauan kepada pemilik ternak agar mengetahui ciri ciri hewan ternak yang telah tertular PMK.


Pemilik ternak sapi,Kamarudin saat bertemu kapolsek pada saat pendataan dan pengecekan mengaku senang dan akan menjaga hewan ternaknya dari Penyakit Mulut dan Kuku.


" Kebersihan kandang dan pakan hewan ternak akan kami jaga agar terhindar dari PMk,"Ucapnya.


Iptu Bhakti mengucapkan terima kasih kepada sdr Kamarudin atas kesediannya untuk di lakukan pendataan dan pengecekan oleh Polsek Nanga Pinoh yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa II-Penanganan PMK Polres Melawi.


"Kepada masyarakat agar tidak panik berlebihan dalam menyikapi Penyakit Mulut dan Kuku,tetap jaga kebersihan kandang dan jaga pakan hewan ternaknya.Apa bila mendapati ada ciri ciri seperti hewan ternak panas tinggi antara 39  hingga 41 derajat, berliur,berbusa,lidah melepuh,kurang nafsu makan,kaki luka dan sulit berdiri agar segera melaporkan kepada pihak desa mau pun Bhabinkamtibmas guna penanganan dan langkah medis selanjutnya,"Tuntas Kapolsek.


Penulis : Samsi/

Humas Polres Melawi.

Editor : Mit. 

Previous
« Prev Post