Tingkatkan Siskamling warga ,Sat Binmas Polres Melawi Gelar Kandau Ronda .



Cybernews.id - Melawi - Kalbar .

Polres Melawi, Polda Kalbar — Sejumlah upaya terus dilakukan oleh Polres Melawi dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayahnya tetap kondusif, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Sat Binmas Polres Melawi yang menggelar Kandau Ronda ke sejumlah Pos Kamling warga di Desa Tanjung Niaga dan Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh, Sabtu (28/5/2022).


Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. melalui Kasat Binmas Polres Melawi AKP Haryono mengatakan program Kandau Ronda yang merupakan salah satu program inovasi Polres Melawi itu bertujuan untuk memberikan dukungan moril kepada para warga yang mengawaki pos kamling sehingga dapat meningkatkan pelaksanaan siskamling warganya.


"Lewat Kandau Ronda ini, kami silaturahmi sekaligus melakukan pembinaan ke warga yang mengawaki pos kamling. Harapannya, agar pos kamling benar-benar dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga situasi kamtibmas di lingkungan atau permukiman warga," terangnya.


AKP Haryono juga menyebut untuk saat ini masih banyak permukiman yang belum memiliki pos ronda atau siskamling. Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan pendekatan ke perangkat desa dan dusun agar dapat mendirikan pos ronda atau siskamling di setiap lingkungan.


"Karena kalau ada pos kamling yang aktif, ini akan membantu sekali dalam mencegah gangguan kamtibmas. Pelaku-pelaku kejahatan juga akan berpikir dua kali mau melakukan aksinya kalau ada warga yang siaga di pos kamling," tuturnya.


Selain melaksanakan Kandau Ronda, AKP Haryono mengatakan pihaknya juga menyampaikan imbauan kepada warga untuk selalu waspada terhadap aksi-aksi kejahatan.


"Kebetulan pelaksanaannya di malam Minggu, banyak warga yang beraktivitas bersama keluarga di luar rumah jadi rumah tinggalkan kosong, kita imbau ini agar sebelum ditinggalkan dipastikan pintu dan jendela dalam keadaan terkunci," imbaunya.


"Lainnya, kami juga ingatkan tentang disiplin prokes karena bagaimanapun kita masih dalam pandemi covid-19. Jadi, minimal mengenakan masker dan menjauhi kerumunan," tutupnya.   

( Humas Polres. / Red ) 

Previous
« Prev Post