Lembaga Alam Kapuas Raya, Kampanyekan Gemar Makan Ikan Anak Usia Dini di Ketungau Tengah Kabupaten Sintang





Cybernews.id - Sintang - Kalbar .

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau yang dikenal dengan GEMARIKAN bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Lembaga Alam Kapuas Raya pada umumnya menyelenggarakan suatu kegiatan GEMARIKAN dari olahan hasil perikanan, yang tertuang dalam program optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan di kabupaten Sintang dengan menyelenggarakan dalam kegiatan rutin dari tahun ketahun untuk mengkampanyekan makan ikan sehingga masyarakat dan anak terpenuhi gizinya aman dan baik dikonsumsi.



Kegiatan Sosialisasi Gemarikan ini dilaksanakan pada Hari Senin Tanggal 23 Mei 2022 di Balai Desa Senangan Jaya dan Pada Tanggal 28 Mei 2022 bertempat di SDN 6 Nanga Sepakat Desa Tirta Karya, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, di Ikuti oleh Siswa dan Siswi SDN serta Dewan Guru. Kegiatan Sosialisasi Gemarikan ini dilakukan oleh Lembaga Alam Kapuas Raya yang diketuai Bapak Agus Sumani ( Ketua Alam Kapuas Raya ) dan dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah SDN 6 Nanga Sepakat Desa Tirta Karya, Bapak M Demosiadi, serta Kepala Desa Senangan Jaya, Bapak Samawi.


Kegiatan dimulai di SDN 6 Tirta Karya pada pukul 08:30 wib dan berakhir pada pukul 11:00 wib, sedangkan untuk kegiatan pada Desa Senangan Jaya dimulai pada pukul 14:30 wib dan berakhir pada pukul 17:00 wib.


Agus Sumani sebagai Ketua Lembaga Alam Kapuas Raya mengatakan "kegiatan ini akan terus kami sosialisasikan secara berkesinambungan setiap tahunnya untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan harapan dapat mengkampayekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) sebagaimana pentingnya dan manfaat dari ikan itu sendiri. Dalam kegiatan GEMARIKAN ini disosialisasikan bahwa ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi dan mengandung Omega-3 zat pencerdas otak selain itu mengandung protein, vitamin, mineral, serta memiliki kandungan kolesterol rendah" ucapnya.


Bagian- bagian tubuh ikan tersebut semuanya bermanfaat seperti :


Kepala dan mata ikan mengandung Polysacharida bermanfaat dalam mengontrol sirkulasi darah.

Tulang/Duri mengandung kalsium dan kolagen, bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, Isi perut/lemak mengandung lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan dapat menurunkan kolesterol, Kulit mengandung vitamin A dan B2 yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.



Minyak ikan mengandung DHA (Docahexaenoic Acid) yang bermanfaat untuk pertumbuhan retina mata, Daging mengandung protein berkualitas tinggi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan ketahanan tubuh.


Gemarikan dapat dimulai dari keluarga dimana anak-anak sekarang lebih suka makan makanan cepat saji berbahan dasar non ikan banyak tersedia di pasaran. Oleh karena itu untuk mensiasati hal tersebut yaitu dengan mengubah bentuk masakan ikan menjadi bentuk lain seperti bakso ikan, nugget ikan, sosis ikan dan lainnya.


Dari kegiatan yang dilaksanakan guna menciptakan pola hidup dan menggerakan masyarakat cinta ikan dengan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan di Kabupaten Sintang, baik dikalangan pemerintah, swasta maupun masyarakat didaerah diharapkan dapat mendorong terciptanya promosi produk olahan perikanan yang memenuhi syarat baik dan aman di konsumsi, tutupnya. ( Red )



Previous
« Prev Post