Forum Wartawan & LSM Kalbar-Indonesia Dukung Aksi Wartawan Indonesia Bersatu



Cybernews.id - Pontianak. 

Forum Wartawan & Lembaga Swadaya Masyarakat (FW & LSM) Kalbar-Indonesia menyatakan dukungannya terhadap aksi demonstrasi yang akan dilakukan para wartawan tanah air ke Gedung Dewan Pers dan Mabes Polri di Jakarta, pada Kamis, tanggal 24 Maret 2022 mendatang. 


Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal FW & LSM Kalbar-Indonesia, Wawan Daly Suwandi, menanggapi seruan aksi yang bertajuk "Aksi Wartawan Indonesia Bersatoe" yang beredar di sejumlah grup-grup WhatsApp.


"Kami sangat mengapresiasi gerakan yang akan dilakukan kawan-kawan wartawan untuk menyampaikan hak-haknya, yang mana hal itu dilindungi oleh hukum," ujarnya kepada redaksi Minggu (20/03/2022).


Sebagai informasi, terdapat 4 tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi yang juga didukung oleh 21 organisasi kewartawanan nasional dan lokal, serta lembaga lainya tersebut, diantaranya pertama meminta Iskandar Zulkarnain selalu Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung yang mengaku Ahli Pers Dewan Pers, dipidana. 


Kedua, massa akan meminta penghapusan aturan verifikasi media dan UKW Dewan Pers karena keluar dari konstitusi amanah UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Ketiga, massa akan meminta menyingkirkan para oknum pengurus Dewan Pers yang tak sejalan dengan visi misi dibentuknya Dewan Pers.


Terakhir, meminta agar SK Presiden serta nota kesepahaman Dewan Pers dengan TNI/Polri dan Pemerintah dicabut.


"Kita sangat mendukung terkait beberapa poin yang akan disampaikan rekan-rekan jurnalis dalam aksi demonstrasi nantinya. Terlebih pada poin dua dan tiga," jelas Wawan.


"Jangan sampai keberadaan Dewan Pers--melalui oknum-oknumnya tersebut--justru menjadi penghambat bagi kebebasan pers--yang telah susah payah dibangun selama ini!" tegasnya.


Rencananya, aksi ini bakal diikuti tidak kurang dari seribu wartawan dari berbagai media massa di Indonesia ini. (FikA)


Editor : Mit .


Previous
« Prev Post