Revisi Rencana Penanaman Modal, Dinas PMPTSP Sintang Gelar Focus Group Discussion

 


Cybernews.id - Sintang - Kalbar .

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Revisi Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Kabupaten Sintang di Hotel My Home pada Senin, 18 Oktober 2021. Focus Group Discussion (FGD)  dibuka oleh Pelaksana Harian Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang Ir. Erwin Simanjuntak, M. Si menyampaikan tujuan dari FGD revisi RUPM Kabupaten Sintang adalah sebagai sarana diskusi terarah terhadap topik yang akan dielaborasi dan dituangkan lebih lanjut di dalam naskah akademik RUPM, memperoleh informasi dari para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Sintang terhadap 4 (empat) topik yang akan didiskusikan.

“adapun empat topik yang akan kami diskusikan adalah kebijakan, arah dan strategi penanaman modal, prioritas arah investasi Kabupaten Sintang, kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari sektor utama untuk pengembangan investasi dan konstribusi sosial, ekonomi dan lingkungan dari arah investasi. FGD ini juga merupakan  sarana koordinasi untuk rencana tindak lanjut penyusunan naskah akademik RUPM Kabupaten Sintang” terang Erwin Simanjuntak

“FGD ini diikuti oleh peserta yang hadir offline di Sintang (luring) dan hadir online via zoom meeting (daring). Komposisi peserta, terutama yang offline di sintang terdiri dari kelompok pemerintah  yang merupakan para pejabat teknis yang terkait dengan perencanaan, perizinan, dan yang menguasai potensi penanaman modal, praktisi usaha, organisasi masyarakat termasuk NGO/LSM, tokoh masyarakat dan akademisi” terang Erwin Simanjuntak


“kegiatan FGD revisi RUPM Kabupaten Sintang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, di mulai dari hari ini tanggal 18 oktober s/d 19 oktober 2021, bertempat di Hotel My Home. Dalam menyelenggarakan FGD ini, kami bekerjasama  dengan  CSF Indonesia dan Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari” terang Erwin Simanjuntak


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang Ir. Erwin Simanjuntak, M. Si menjelaskan pihajnya pada FGD ini kami menghadirkan 4 orang narasumber yakni Ala Baster Kepala Sub Dit Koperasi, UMKM dan Penanaman Modal, Dirjen Bina Bangda Kemendagri yang akan menyampaikan  topik menciptakan kondisi investasi yang ideal di kabupaten melalui promosi, perizinan, pengawasan, pelayanan dan pendataan. Faisal Rahman Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal, Kementerian Investasi yang akan menyampaikan  materi tentang mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, berkelanjutan dan menyejahterakan melalui peningkatan inovasi dan kualitas penanaman modal. Teresia Widiastuti Adis Kabid Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal, DPMPTSP Provinsi Kalimantan Barat dengan topik “kebijakan umum penanaman modal Kalimantan Barat serta Erwin Simanjuntak Kepala DPMPTSP Kabupaten Sintang dengan topik “kebijakan umum penanaman modal Kabupaten Sintang untuk 3-5 tahun mendatang”.


Hadir di Hotel My Home saat pembukaan dan sebagai peserta Focus Group Discussion Revisi Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Kabupaten Sintang adalah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang dan peserta lainnya. 

Sementara hadir secara virtual Dr. Mubariq Ahmad, Ph.D Direktur Eksekutif Yayasan Strategi Konservasi Indonesia atau Conservation Strategy Fund (CSF) untuk Indonesia.   

( Prokopim / Sintang )

Previous
« Prev Post