Asiten II Setda Sintang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka.

 


Cybernews.id - Sintang -Kalbar .

 Bupati Sintang yang di wakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kab. Sintang, Yustinus J, memimpin Upacara Peringatan Hari Praja Muda Karana (Pramuka) ke-60 tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang, di Halaman Kantor Bupati Sintang, Sabtu pagi, 14 Agustus 2021.



Peringatan Hari Pramuka tahun 2021 ini mengusung tema "Berbakti Tanpa Henti".


Hadir pada upacara pramuka ini, yakni Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan, Anggota DPRD Kab. Sintang H. Senen Maryono, sejumlah unsur Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, para pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang dan tamu undangan lainnya.


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kab. Sintang, Yustinus J mengatakan pramuka merupakan wadah pembentukan karakter generasi muda yang diharapkan dapat melahirkan pemimpin di masa yang akan datang. Sebab pendidikan karakter yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini akan sangat dibutuhkan untuk Indonesia di masa yang akan datang dan itu semua sudah diimplementasikan oleh gerakan pramuka. 


"gerakan pramuka harus memiliki konsep yang jelas agar dapat meraih tujuan utama dalam organisasi kepanduan tersebut, yakni regenerasi kepemimpinan. bangsa indonesia memerlukan regenerasi kepemimpinan yang unggul dimasa depan"kata Yustinus.


Kemudian lanjut Yustinus, keberadaan gerakan pramuka menjadi suatu hal yang penting bagi generasi muda. melalui kegiatan pramuka, dikembangan sifat patriotisme dan nasionalisme yang dapat menjadi benteng terhadap pengaruh asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Bahkan pramuka juga menjadi wadah pembentukan karakter, seperti membentuk sifat kedislipinan, menumbuhkan rasa kebersamaan, serta mengembangkan mental, moral, spiritual, intelektual para remaja untuk menjadi generasi muda yang baik dan berguna bagi nusa dan bangsa.


"pembangunan generasi muda melalui gerakan pramuka mempunyai peran strategis dalam mendukung peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Pemuda memiliki peran aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan"ujar Yustinus.


Namun demikian, kata dia, agar dapat mengikuti perubahan zaman, maka gerakan pramuka harus senantiasa berinovasi agar dapat menarik minat para pelajar dan generasi muda. Gerakan pramuka harus lebih fleksibel, kreatif, menyenangkan, namun tidak meninggalkan fungsinya menjadi media pendidikan karakter dan mampu menjadi pendobrak terkikisnya rasa nasionalisme. Dengan demikian, gerakan pramuka diharapkan dapat membawa perubahan dan memberikan manfaat yang besar serta menjadi warisan terbaik bagi bangsa. 


"sehingga keberadaannya terus dibutuhkan sebagai institusi strategis yang dimiliki bangsa indonesia, yaitu sebagai salah satu perisai penting dalam menjaga nilai- nilai kepribadian dan menjadi perekat keutuhan negara kesatuan republik indonesia"beber Yustinus.


"atas nama pemerintah kabupaten sintang, saya mengucapkan selamat hari pramuka yang ke 60 tahun, dengan bertambahnya usia gerakan pramuka yang ke-60 tahun, semoga gerakan pramuka menjadi semakin dewasa dan sukses dalam menjalankan amanat negara, dalam membina dan mendidik kaum muda menjadi insan yang beraklaq mulia, berpengetahuan, berbudi luhur dan mempunyai keterampilan"ucap Yustinus.


Menurut Yustinus, peringatan hari pramuka ini juga harus dijadikan momentum untuk menjadikan pramuka sebagai kekuatan untuk membangun bangsa, dan merepleksikan diri agar pramuka memilki arti di tengah-tengah masyarakat, selaras dengan syair dalam himne pramuka yakni satyaku kudarmakan, dharmaku kubaktikan. Untuk itulah, anggota pramuka diharapkan senantiasa menjadi pionir dalam menanamkan nilai-nilai pemersatu bangsa. serta harus menepati dan mengamalkan janji trisatya dan dasadarma pramuka sebagai nilai nilai yang dipegang teguh oleh anggota pramuka.


"kami berharap gerakan pramuka dapat terus mendukung dan bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan negara kesatuan republik Indonesia yang makin yang adil dan sejahtera berdasarkan pancasila dan uud 1945. termasuk di tengah pandemi virus corona atau covid-19 ini. peran aktif gerakan pramuka dalam membantu pemerintah dalam penanganan covid-19 sangat dibutuhkan. walau saat ini gerakan pramuka telah terlibat aktif membantu pemerintah untuk penanganan covid-19"harap Yustinus.


"saya juga berpesan agar pramuka untuk terus berkarya, lebih maju dan lebih menunjukan eksistensinya ditengah masyarakat, terutama dimasa pandemi covid-19 sekarang ini"pungkasnya.


Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang, Junaidi mengatakan makna dari tema yang usung yakni berbakti tanpa henti, memiliki arti bahwa anggota pramuka itu harus menjadi manusia yang seutuhnya, sesuai dengan tri satya dan dasa dharma pramuka. 

"Kita menginginkan kader-kader bangsa terutama bagi para kader-kader pramuka menjadi manusia yang seutuhnya. Di tri satya kan jelas, kemudian di kunci dengan 10 dasa dharma pramuka, sehingga itulah menjadi landasannya"jelas Junaidi.


Junaini menjelaskan bahwa selian kegiatan upacara, juga sudah di lakukan sejumlah kegiatan sosial seperti pembagaian paket sembako kepada masyarakat yang terkena covid-19 dan juga masyarakat korban musibah banjir beberapa waktu lalu. 


"Alhamdulillah hampir 3000 paket sembako yang kita bagikan kepada masyarakat pada saat itu, kemudian juga pembagian masker gratis dipasar-pasar, jalan-jalan"terang Junaidi.


"Selain itu lomba-lomba lagu pramuka, yel-yel dan keterampilan-keterampilan lainnya, yang kita laksanakan secara virtual, karena kita masih dalam situasi pandemi covid-19, sehingga kita tidak melaksanakan lomba meriah seperti biasanya"tambah Junaidi.   

    ( Prokopim / red ) 

Previous
« Prev Post