Tim Satgas Covid -19 Melawi Melaksanakan Tes Swab PCR Kepada Masyarakat .

 


Cybernews.id - Melawi - Kalbar. 

Polsek Nanga Pinoh bersama Tim Dinas kesehatan Kabupaten Melawi Melawi di dampingi Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Melawi melaksanakan tes swab PCR kepada puluhan masyarakat Desa Tanjung Sari yang  kontak erat dengan pasien meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19. Pemakaman warga tersebut tidak dilakukan dengan protokol kesehatan karena penolakan dari pihak keluarga. di balai Desa Tanjung sari Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. (29/04).


Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Nanga Pinoh (Iptu Bhakti Juni Ardhi), Kabid P2 Dinkes Melawi beserta Staf Dinkes Kabupaten Melawi, Anggota Koramil Nanga Pinoh, Anggota Polres Melawi dan Polsek Nanga Pinoh, Anggota BPBD Melawi, Anggota Sat Pol PP Melawi, Anggota Dishub Melawi serta masyarakat yang kontak erat dengan pasien meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19.



Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kapolsek Nanga Pinoh Iptu Bhakti Juni Ardhi menyampaikan sebelum berangkat terlebih dahulu dilaksankan apel pemberangkatan dipimpin oleh Kapolsek Nanga Pinoh di Mako Polsek Nanga Pinoh selanjutnya berangkat menuju Balai Desa Tanjung Sari Kecamatan Nanga Pinoh.


Kapolsek Nanga Pinoh dan Kabid P2 dinkes Melawi melakukan himbauan protokol kesehatan kepada masyarakat desa tanjung sari dan selanjutnya tim dari dinas kesehatan melaksanakan tes swab PCR  terhadap 19 (sembilan belas) orang masyarakat desa tanjung sari.


“Dilakukannya tes swab PCR kepada warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif untuk menulusuri penularan Covid-19 di Desa Tanjung Sari”Ucapnya.


“Akan terjadi penularan yang lebih serius apabila tim satgas Covid-19 tidak secara intensif menangani kasus covid-19 di Desa Tanjung Sari Kec Nanga Pinoh mengingat masih ada warga yang belum dilakukan tes swab PCR” Jelasnya.


“Kami berharap Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Melawi melakukan upaya penyemprotan desinfektan dan tracing warga yang belum terdata saat tes swab PCR di Desa Tanjung Sari dan kami kan upayakan Bhabinkamtinmas mengawasi dan memberikan himbauan kepada warga yang sudah tes swab PCR untuk tidak beraktifitas di luar rumah sebelum hasi tes swab PCR keluar” Tutupnya.


Sementara itu Kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (Kabid P2 Dinkes Kab Melawi) Endang Susilawati S.Sos., M.A.P menyampaikan masyarakat desa Tanjung Sari kooperatif setelah di jelaskan dari pihak Dinkes dan Kapolsek.


“Alhamdulillah masyarakat Desa Tanjung Sari kooperatif setelah di jelaskan dari pihak Dinkes dan Kapolsek, dan mereka yang hadir sebanyak 19 org, dengan suka rela serta tidak ada pemaksaan untuk melakukan pemeriksaan swab PCR” Ucapnya.


“Sembilan belas orang ini mereka ada kontak erat dengan almarhum, ada yang ikut Fardu Kifayah (memandikan jenazah) dan ada juga yg hanya sekedar melayat” Jelasnya.


Penulis : Arbain 

Editor : Mit .


Previous
« Prev Post