Jarot Hadiri Diskusi Publik Membangun Masa Depan Sintang Lebih Baik .

 


Cybernews.id - Sintang - Kalbar .

Koalisi masyarakat Kalimantan Barat hijau , Ikatan Jurnalis Sintang, Milenial Sharing Session Club dan Obrolan  Pro Demokrasi(OPSI)  hari ini  Kamis,04/03/2021 sore  menggelar  Diskusi public  dengan Topik  Membangun  Masa depan Sintang lebih baik  dihadiri Bupati Sintang  dr. H. Jarot Winarno,M.Med. Ph, sekaligus menjadi nara sumber di Canopy Center Sintang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1205 Sintang  Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang  H. Edy Harmaini, SE, M. Si,   Kabag SDA  Bappeda Deddy Irawan, S.Hut, MT,  Ketua JIS Sintang  Heri Lingga, Ketua Sharing Session Outdoor Sikius,  Koordinator KMKBH Ireng Maulana,  Ketua OPSI AAN  , Jaka Kembara,  para Jurnalis, LSM, serta para  mahasiswa.



Dalam kegiatan  tersebut Bupati Sintang  dr. H. Jarot Winarno,M.Med. Ph  mengatakan,  kultur kebudayaan itu berasal dari alam,   sederhana, murni dan rendah hati”bahwa semesta yang tidak terjaga, alam yang tidak terjaga  nanti akan mengahsilkan budaya yang lain”

Menurut  Bupati Sintang  dr. H. Jarot Winarno,M.Med. Ph,  wilayah kabupaten sintang ini seluas Propinsi jawa barat Dua puluh satu ribu enam ratus kilometer persegi, didalam  terdapat sungai yang sangat panjang  yaitu sungai Kapuas, dengan peradaban kebuayaan ditepi sungai yang harus selalu kita jaga dan kita lestarikan, serta dengan hutan yang masih lebat “kawasan kita ini  hanya empat puluh persen  lebih sedikit  aja yang bukan kawasan hutan, dan hampir enam puluh persennya merupakan kawasan hutan”

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sintang  dr. H. Jarot Winarno,M.Med. Ph, juga menjelaskan, bahwa wilayah hutannya yang paling luas cukup lebat  adalah di wilayah Kecamatan Serawai dan Kecamatan ambalau, disitu ada  taman nasionalnya, ada hutan lindungnya , dan secara khusus kita buat kawasan  strategis Kabupaten Lingkungan Hidup, sebagai langkah menjaga kelestarian hutannya diwilayah tersebut.

“saat ini ada satu PR  yang harus kita kerjakan yaitu Peraturan Bupati  tentang menjaga  kawasan hutan  diluar kawasan hutan,  jadi non kawasan hutan kita atur , jadi kami akan tunjukin hutan tidak saja dikawasan hutan tapi di Area Pengguna Lain(APL) , dua duanya sangat penting bagi kita dan dua-duanya harus dijaga“ tegas Jarot Winarno.

Dalam  kegiatan  Diskusi Publik  Membangun  Masa Depan Sintang  kerjasama  Koalisi masyarakat Kalimantan Barat hijau , Ikatan Jurnalis Sintang, Milenial Sharing Session Club dan Obrolan  Pro Demokrasi(OPSI)  hari ini  Kamis,04/03/2021 sore di Canopy Center Sintang, yang dihadiri  Bupati Sintang  dr. H. Jarot Winarno,M.Med. Ph,  tersebut juga diisi dialog  terkait  mendukung  Kabupaten  Sintang sebagai Kabupaten Lestari.  

( Prokopim Pemkab Sintang / red )

Previous
« Prev Post