Polres Melawi Laksanakan Silaturohmi Bersama Pokdar Kamtibmas

 




Cybernews.id - Melawi - Kalbar .

Jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia menjadi alasan utama dibentuknya Pokdarkamtibmas. Polres Melawi melaksanakan silaturahmi sekaligus tatap muka dengan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kabupaten Melawi, di Aula Tri Brata Polres Melawi Rabu (3/2).


Silaturahmi yang digelar Polres Melawi tersebut dihadiri Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana, didampingi Kasat Binmas IPTU Haryono, serta pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Melawi. Dan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kesehatan dr. Ahmad Jawahir..



Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) adalah sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian.


“Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting sekali, maka dari itu. pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Melawi yang berasal dari berbagai unsur, menjadi kekuatan kerjasama Polri dengan masyarakat, terutama dalam memberikan dukungan untuk menciptakan dan  menjaga Kamtibmas di Kabupaten Melawi” Terang Waka Polres Melawi Kompol Agus Mulyana.


“Tanpa dukungan masyarakat, Polisi tidak dapat bekerja sendiri menyelesaikan persoalan Kamtibmas. Melalui Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat menjadi menjadi penyelesaian masalah (problem  solving) yaitu dengan menjalin komunikasi baik bersama masyarakat,” Tambahnya.


Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Melawi, Taufik, menyebutkan pasca dibentuk beberapa waktu lalu Pokdar Kamtibmas Kabupaten Melawi mengakui belum tersusun program kerja Pokdar Kamtibmas, baik jangka pendek maupun jangka panjang lima tahun kedepan dalam kepengurusan periode pertama ini.


Ia juga berharap, kedepan agar keberadaan organisasi ini memiliki badan hukum (akta notaris) yang di akui negara dan terdaftar di Pemkab Melawi melalui instansi terkait.


Untuk itu, lanjut Taufik, dalam waktu dekat, pengurus POKDAR Kamtibmas Kabupaten Melawi akan melakukan pertemuan internal dalam rangka menyusun visi misi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tanga (AD/ART) hingga menyusun program kerja jangka pendek dan jangka panjang lima tahun kedepan.


“Semua itu akan kita bahas dan rumuskan bersama di dalam rapat kerja Pokdar Kamtibmas nanti. Kita jadwalkan usai perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2021 ini,” tutup Taufik.


Kegiatan tersebut dirangkai dengan sosialisasi pemahaman tentang Vaksinasi Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Melawi, dr. Ahmad Jawahir.


Penulis : Arbain 

Editor : mit 

Previous
« Prev Post