Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Liong Kapuas 2021 , Ini Sasarannya .



Cybernews.id - Sintang - Kalbar .

Pagi ini Rabu (10/2) Polres Sintang menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Liong Kapuas 2021 dalam menyambut datanganya perayaan Imlek 2572 dan Cap Go Meh tahun 2021 yang dirayakan oleh umat tionghoa.


Apel gelar pasukan ini sendiri dilaksanakan guna mengecek kesiapan personil pengamanan beserta sarana dan prasarana yang ada guna menjaga perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2021 agar berjalan aman dan kondusif.



Adapun jalannya apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, S.I.K, S.H, M.I.K serta turut hadir pula Kasatpol PP, Kasdim 1205 Sintang, Dandepom Sintang, Danyon C Brimob Pelopor Polda Kalbar, Camat Sintang, PJU Polres Sintang, Kepala OPD, Ketua MABT dan pengurus kelenteng wilayah Kecamatan Sintang.


Operasi Liong Kapuas merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang selalu digelar oleh Polres Sintang dimana tugas pada tahun – tahun sebelumnya adalah mengamankan kegiatan meliputi badah Imlek dan Cap Go Meh di Vihara dan Klenteng, Parade Lentera/lampion, Parade Tatung, Arus Mudik/Balik, Perbelanjaan, Rekreasi dan Aktifitas masyarakat rutin tetapi pada tahun ini terdapat perubahan yang sangat signifikan mengingat adanya wabah Covid-19.


“Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk perayaan imlek dan Cap Go Meh pada tahun ini banyak sekali rangkaian kegiatan yang ditiadakan dan diganti dengan kegiatan yang sifatnya ritual keagamaan ataupun ibadah akibat daripada pandemi Covid-19 tak terkecuali di Wilayah Hukum Polres Sintang juga terkena dampaknya” Jelas Ventie.


Guna mendukung pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19, Operasi Kepolisian Liong Kapuas 2021 pada tahun ini sendiri akan lebih ditujukan dengan sasaran penerapan protokol Kesehatan kepada masyarakat.


Dalam hal ini dirinya mengungkapkan bahwa Polri sendiri juga membutuhkan kerjasama dari banyak pihak seperti TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Instansi terkait lainnya guna mengantisipasi lonjakan aksus Covid-19 di Kabupaten Sintang pada masa-masa imlek dan cap go meh ini.


“Pada konteks inilah peranan TNI-Polri bersama dengan seluruh stakeholders terkait sangat berpengaruh dalam mengawal dan mengamankan seluruh proses perayaan Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2021” Ujarnya.


Diakhir dirinya berharap agar pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan sebagainya karena untuk menekan penyebaran Covid-19 ini diperlukan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat.

Previous
« Prev Post