Kegiatan Silaturahmi Polres Melawi Bersama Tokoh Masyarakat Melawi .



Cybernews.id - Melawi - Kalbar .
Kegiatan Silaturahmi Polres Melawi Bersama Tokoh Masyarakat Kabupaten Melawi diruangan rapat Polres Melawi berjalan sesuai Protokol Kesehatan. Selasa (02/05/2020).

Kegiatan Silaturahmi Polres Melawi Bersama Tokoh Masyarakat Kabupaten Melawi di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kegiatan Tersebut di Pimpin Waka Polres Melawi Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M dikarenakan Kapolres Melawi melaksanakan kegiatan lain.

Nampak Hadir Dalam Kegiatan Tersebut H. M Nur Haz Selaku Tokoh Masyarakat Kab Melawi, Sopian Hadi (ketua ketemengungan Kab Melawi), Endri Triadi (ketua persatuan orang melayu Kab Melawi), H. Aimol Nija (ketua harian MABM Kab Melawi), ivan hermanto (perwakilan dari Fopad Melawi), Teguh Hadi Santosa (Ketua Paguyuban Jawa Kab Melawi) dan Hengki (Humas Tariu Borneo Bangkule Rajank).

Waka Polres Melawi Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M Dalam sambutannya menyampaikan Kondisi melawi dalam keadaan aman dan kondusif dan mengapresiasi tokoh masyarakat melawi dalam menciptakan situasi kamtibmas di melawi ini agar tetap aman dan kondusif, selama Covid-19 ini dan saat menyongsong pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kedepan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada tokoh-tokoh masyarakat yang telah membantu kami menciptakan situasi kamtibmas di Melawi ini tetap Aman dan Kondusif saat Covid-19 ini. Kami juga menghimbau kepada tokoh masyarakat dan warga melawi untuk tetap menjaga situasi Melawi tetap Kondusif Jelang Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nantinya”.Ucap Waka Polres.

“Pada kesempatan ini banyak hal-hal yang harus kita sikapi Dari Covid-19, Ujaran kebencian dan Hoaks, Saya mengapresisasi langkah-langkah  luar biasa yang sudah dilakukan tokoh-tokoh masyarakat dalam menyikapi kejadian yang dapat membuat keresahan di masyarakat, Kami dari polres melawi meminta dukungan dan suport kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk menjaga kamtibmas di kab melawi menyongsong pelaksanaan pemilu nanti”. Pintanya.

Tokoh Masyarakat Melawi Pak Nur Haz menyampaikan bahwa kasus covid 19 merupakan kasus yang menjadi sebuah perhatian kita semua dan mari kita jaga kondusifitas jelang Pemilu nanti.

“Kasus Covid-19 ini butuh perhatian kita semua, Saya saran untuk meminalisir penyebaran Covid-19, kalau pemerintah setuju untuk warga kita di rapid test semua agar tidak ad sistim menebak”

“Atau Lakukan Rapid Tes pada zona yg di angap rawan cntoh di dalam kota ini di sekitaran pasar ini lah yang di utamakan untuk di lakulan Rapid Tes” Pintanya.

Ketua Harian MABM Melawi Aimol Nija Menyampaikan permasalaha Covid-19 semuanya kembalikan kepada masyarakat.

“Untuk covid in bukan lh aib, saran saya sekarang di kembalikan kepada masyarakat artinya protokol kesehatan untuk di persiapkan lebih banyak dan untuk sekolah bisa di buka kemvali. Tempat yang biasanya menjadi tempat kerumunan juga bisa di siapkan peralatan seperti cuci tangan dan masyarakat memakai masker untuk upaya pencegahan. Kami mengapresiasi kesigapan bapak Polisi dalam penanganan kasus-kasus dimasyarakat seperti ujaran kebencian dan Hoaks” Ucapnya 

Tokoh paguyuban jawa Kab Melawi Teguh Hadi Santosa menyampaikan dengan adanya Covid-19 sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat.

“Covid-19 sangat berpengaruh pada sosial ekonomi masyarakat, roda perputaran ekonomi lamban toko dan warung banyak tidak aktif sehingga terjadi penimbunan sembako, Selalu Kontrol situasi pasar tentang harga barang, Kami selalu mendukung pemerintah dan kepolisian dalam protokol kesehatan dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif jelang Pemilu”. Ucapnya.

Ketua Ketemengungan Kab Melawi Sopian Hadi menyampaikan banyaknya hal yang dapat membuat situasi kamtibmas kurang kondusif apalagi media sosial.
“Seperti Ricuh nya soal penerimaan bantuan terurama BLT, setiap ad persoalan lalu membuat status di Media sosial dan ada beberapa yang komentarnya kurang baik, Sering saya tegur”. Ucapnya

“Selanjutnya terlepas persoalan covid-19,  akhir ini banyak di media sosial diskriminasi terhadap suku dan budaya, kami dari adat dayak selalu memberikan pencerahan dan himbauan yang dingin kepada anak-anak muda kita, bahwa indonesia adalah negara hukum dan kita percaya kan kepada aparat”. Tuturnya.

Tariu Borneo Bangkule Rajank yang diwakili Hengki menyampaikan terkait Covid-19 pihaknya sudah melakukan pendirian posko-posko penjagaan dipintu-pintu masuk perkampungan.

“Dalam Penanganan Covid-19 Kami sudah jaga di pintu-pintu masuk perkampungan, tapi kami terkejut mengapa diperbatasan sudah tidak di laksanakan lagi sedangkan di melawi sudah semakin meningkat kasusnya”

“Untuk Pilkada kedepan kita harus samam-sama menjaga dan sama-sama menciptakan situasi agar tetap kondusif sebagaimana kita ketahui hal yang paling sering terjadi saat pemilu adalah permasalahan isu-isu sara. Kami selalu mendukung Polri dalam menjaga situasi kamtibmas agar selalu kondusif di Kabupaten melawi ini” 

“Perwakilan dari Fopad Melawi ivan hermanto menyampaikan berbicara covid untuk indonesia naik di urutan 33 di dunia dan dari 14 kabupaten di kalbar melawi masuk di urutan 10.
“Dalam Penanganan Covid-19 kita tetap harus menjaga dan antisipasi seperti pos batas sintang - pinoh di laksanakan kembali.Kemudian keterbukaan informasi di melawi mengenai positif dan tidak nya menurut saya pribadi harus terbuka agar kita semua bisa saling menjaga” Pintanya.

Endri Triadi ketua persatuan orang melayu Kab Melawi Menyampaikan harapan untuk video atau ujaran kebencian yang mengatasnamakan ras dan suku untuk cepat ditindak tegas.

“Video ujaran kebencian yang sempat viral kami menuntut keras dan mendukung kawan kita dari dayak. secara tidak lngsung mengadu domba suku kita yang ada di kalbar ini. Harapan kita terhadap pemerintah dan kepolisian sebaik nya cepat tangap, contoh di landak bupati nya langsung turun untuk menenangkan dan meyakin kan masyarakat nya” Pintanya.

Penulis : Hms / ARB
Editor : Mit .

Previous
« Prev Post