Bupati Umumkan 6 Kasus Baru Covid -19 Di Kabupaten Sintang


Cybernews.id -Sintang - Kalbar .
Bupati Sintang Jarot Winarno kembali mengumumkan 6 kasus baru terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Sintang dalam press release bersama awak media, di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (9/6/2020) malam. 

Hadir dalam press release ini, Dandim 1205/Sintang, Wakapolres Sintang dan tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Sintang.

Dalam keterengan persnya, Jarot Winarno menyampaikan bahwa berdasarkan hasil swab tenggorokkan yang keluar pada Selasa (9/6) terjadi penambahan 6 kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Sintang. Dikatakan Jarot, keenam orang tersebut merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sudah menjalani isolasi mandiri ketat.

“hari ini kita menerima hasil swab pemeriksaan pcr orang-orang yang sudah kita isolasi sejak 29 Mei karena hasil rapid tetsnya reaktif ada 5 orang dan satu sudah kita isolasi sejak 2 bulan lalu, jadi enam orang hasilnya positif covid-19 keluar swabnya hari ini”kata Jarot.

Di jelaskan Jarot bahwa, enam orang tersebut terdiri dari dua cluster yakni satu orang cluster Magetan tapi dari lini ketiga, bukan dari lini pertama atau santrinya, kemudian 5 orang lagi merupakan cluster baru yang di sebut dengan cluster jembatan Kapuas. Pada cluster Jembatan Kapuas ini kata Jarot sudah di lakukan tracing 456 orang, kemudian dilakukan pemeriksaan fisik atau rapid test yang hasilnya 73 orang reaktif, dari 73 orang tersebut sudah keluar hasil swabnya hari ini yang negatif 16 orang dan yang positif 5 orang dari cluster jembatan Kapuas ini. 

“mereka sudah di isolasi kurang lebih selama 10 hari ada yang di ruang isolasi mandiri khusus yang sudah disiapkan dan ada yang di rumah masing-masing secara mandiri ketat, yang kita swab tanggal 2 dan 3 juni, dan hari ini keluar hasilnya positif covid-19”terang Jarot.

Enam orang tersebut dijelaskan Jarot, pertama; pria 31 tahun dari cluster Jembatan Kapuas, asal Kecamatan Sintang di sebut konfirmasi 7 positif covid-19, kedua; pria 36 tahun dari cluster Jembatan Kapuas, asal Kecamatan Sintang  di sebut konfirmasi 8 positif covid-19, ketiga; pria 34 tahun dari cluster Jembatan Kapuas asal Kecamatan Sintang di sebut konfirmasi 9 positif covid-19, keempat; pria 30 tahun cluster Jembatan Kapuas disebut terkonfirmasi 10, kelima; perempuan 54 tahun dari cluster Jembatan Kapuas di sebut konfirmasi 11, keenam; pria 21 tahun asal Kecamatan Sungai Tebelian merupakan cluster Magetan tapi dari lini ketiga yang di rapid test pada 1 juni hasilnya reaktif, kemudian di swab pada tanggal 2 dan 3 juni hasilnya keluar hari ini juga, di sebut konfirmasi 12.

“jadi total sekarang ini orang tanpa gejala yang sudah kita isolasi kemudian kita swab tenggorokkan hasilnya positif sudah 12 orang, satu sudah sembuh dan sudah kita pulangkan, kita masih menunggu hasil yang lainnya yang sudah lama kita rawat ada 5 mudah-mudahan negatif hasil swabnya nanti, dan hari ini ada penambahan 6 orang”ujar Jarot.

Jarot menambahkan untuk keenam orang terkonfirmasi positif covid-19 yang baru ini akan di tingkatkan perawatannya dengan terapi dan isolasinya. “mereka kita tingkatkan isolasinya dan perawatanya, tentunya melalui terapi dan perawatan lain. Pesan pak gubernur konsumsi madu dengan telur”pungkasnya. 

Release Prokopim Pemkab 
Editor : Mit .

Previous
« Prev Post