Upacara Kegiatan KTT Ke V Dan Upacara Peringatan HUT .Bapak Pandu Dunia Ke 163 ,Hatta Sebagai Inspektur Upacara .


Cybernews.id - Sintang .
Kendati hujan rintik-rintik dengan kondisi lokasi perkemahan berlumpur akibat satu hari satu malam Kota Sintang diguyur hujan cukup lebat,  Upacara Puncak Kegiatan  KTT Ke.V  dan Upacara Peringatan HUT. Bapak Pandu Dunia ke-163, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting  Sintang  pada Hari Sabtu,22/022020 sore tetap dilaksanakan cukup hidmat dipimpin inspektur upacara Kadisnakertrans Kabupaten Sintang Hatta, mewakil Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.Ph, di lapangan sepak bola Desa Sungai Ana Kecamatan Kota Sintang.

Upacara Puncak Kegiatan  KTT Ke.V  dan Upacara Peringatan HUT. Bapak Pandu Dunia ke-163, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting  Sintang  yang dilaksanakan ini, diawali dengan atraksi Marching band dan  kolaborasi tarian dayak dan tari melayu yang ditampilkan para anggota pramuka dari Murid SMA gabungan.


Pada pidato Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, yang dibacakan inspektur Upacara Kadisnakertrans Kabupaten Sintang Hatta menyatakan, gerakan pramuka  yang dirintis oleh Lord Robert Baden Powel , seorang tentara Ingris berpangkat Let  dan dibawa masuk oleh Penjajah Belanda ke Indonesia pada Tahun 1912, di Indonesia Pramuka mengalami  pertumbuhan sangat pesat hingga saat ini.

“gerakan pramuka bertujuan mendidik kaum muda  agar berwatak , berkepribadian, berakhlak mulia dan memiliki jiwa bela Negara, pramuka harus berperan sebagai kader pembangunan dan perekat bangsa, karena  kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk  dalam menyelesaikan masalah kaum muda” jelas Hatta

Menurut Kadisnakertrans Kabupaten Sintang Hatta,  bahwa gerakan pramuka ini sangat mendidik dan membina kaum muda Indonesia, dengan tujuan agar mereka menjadi  manusia berkepribadian, bertakwa, dan berbudi pekerti luhur sesua dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka yang tertuang dalam janji Trisatya  berbunyi “Menolong Sesama Hidup dan Mempersiapkan diri ikut serta membangun masyrakat  sesuai dengan Thema yang diangkat pada kegiatan ini  yaitu”Pramuka Maju Bersama Masyarakat”
Pada Pelaksanaan ,  Upacara Puncak Kegiatan  KTT Ke.V  dan Upacara Peringatan HUT. Bapak Pandu Dunia ke-163, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting  Sintang  pada Hari Sabtu,22/02/2020 sore yang pimpim Kadisnakertrans Kabupaten Sintang Hatta Sebagai  Inspektur Upacara, di lapangan sepak bola Desa Sungai Ana Kecamatan Kota Sintang,   juga  turut hadir beberapa OPD, serta Pejabat Pemerintah Kabupaten Sintang, Camat, Lurah dan  para  Kepala Sekolah SLTA  dan SLTP , serta  ratusan anggota  Gerakan Pramuka Kwartir Ranting  Sintang, 

Sumber : prokopim pemkab
Editor : Mit .

Previous
« Prev Post