Sekda Pimpin Safari Natal ASN Pemkab Sintang Ke Stasi Belungai .


Cybernews.id - Sintang - Kalbar .
Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si memimpin pelaksanaan  safari Natal Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang di Kapel Dusun Belungai Desa Semuntai Kecamatan Sepauk pada Kamis, 9 Januari 2020. Kedatangan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang dan rombongan disambut dengan tarian yang dibawakan anak-anak Dusun Belungai. Safari Natal diawali dengan misa yang dipimpin Pastor Paroki Santo Petrus dan Andreas Sepauk Romo Jacques Chapuis, OMI.

Usai dilaksanakannya misa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang  menyampaikan bahwa pihaknya mendapatkan informasi bahwa umat di sini tidak pernah dikunjungi sehingga kami memutuskan untuk melakukan safari natal ke Stasi Belungai.

“Pemkab Sintang sudah memberikan bantuan dana untuk pembangunan gereja di Dusun Belungai ini dan saya dengar akan dibangun dengan ukuran 7 x 12 meter. Silakan dibangun fisik gerejanya. Dan saya mau mengingatkan agar partisipasi umat dan kekompakan umat sangat penting. Kami berharap aktivitas keagamaan umat Katolik di sini semakin aktif. Dan jangan menunggu kunjungan pastor. Ketua umat harus aktif. Dan umat juga mau terlibat aktif” pesan Sekda Sintang.

“saya juga mau mengingatkan bahwa Kabupaten Sintang ini akan melaksanakan pilkades serentak di 324 desa pada Oktober 2020. Selain itu, juga Pilkada Kabupaten Sintang. Jangan sampai terjadi konflik dan gesekan. Jaga keamanan dan ketertiban menyambut pesta demokrasi” ingat Sekda Sintang.

“Saya juga mengajak umat untuk bersama sama mengatasi stunting. Jaga asupan gizi ibu hamil dan bayi sejak 1000 hari sejak kandungan. Sehingga bayi bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan tumbuh sesuai usianya. Saya juga mengajak ibu ibu untuk menjaga anak anak supaya tidak selalu menggunakan  handphone untuk menjaga kesehatan mata dan psikologis anak anak kita”pesan Sekda Sintang.

Awet Pengurus Regio 3 Paroki Santo Petrus dan Andreas Sepauk menyampaikan bahwa kapel Stasi Belungai yang dibangun tahun 1982 waktu transmigrasi masuk ke Dusun Belungai Desa Semuntai Kecamatan Sepauk. “Sejak dibangun belum ada dilakukan rehab bangunan utama. Hanya ada rehab bagian dalamnya saja. Regio 3 terdiri dari 11 Stasi. Umat Katolik di Dusun Belungai memang sedikit. Namun kami mendukung agar aktivitas umat disini juga aktif dan gereja katolik Stasi Belungai difungsikan. Terima kasih atas kunjungan tim safari natal ini” terang Awet.

Pastor Paroki Santo Petrus dan Andreas Sepauk Romo Jacques Chapuis, OMI menjelaskan juga mendukung agar gereja ini difungsikan  untuk kegiatan regio. “kunjungan ini sebagai penyemangat bagi kami dan dalam pembangunan gereja dan pengembangan umat disini, khususnya  keberadaan umat Katolik di Belungai ditengah umat agama lain di desa ini. Di Desa Semuntai ini ada 4 stasi. Semoga kita bisa semakin kuat dan berkembang” terang Romo Jacques Chapuis, OMI
.
Yosef Sudianto Panitia Safari Natal ASN Pemkab Sintang menjelaskan bahwa umat Katolik di Desa Semuntai sudah menunjukan kekompakan dengan hadir bersama di acara safari natal ini.
“Terima kasih kepada ASN yang sudah hadir di desa ini untuk memberikan dukungan kepada umat di Stasi ini. Terima kasih kekompakan  dan kebersamaan umat disini. Gunakan Kapel ini untuk berbagai kegiatan. Terima kasih bantuan umat lain untuk mensukseskan kegiatan safari natal ini. Kunjungan kita ini diharapkan bisa membantu umat di desa Semuntai Kecamatan Sepauk ini” terang Yosef Sudianto.   (Hms/Mit)

Previous
« Prev Post