MTQ Kab ,Sintang Resmi Di Tutup , Juara Umum Di Raih Kecamatan Sintang .



Cybernews.id - Sintang - Kalbar .
Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM secara resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawah Tilqur”an (MTQ) ke-XXIV Kabupaten Sintang tahun 2019 yang di tandai dengan pemulukan beduk, di ex. Lapangan Terbang (Lapter) Susilo Sintang, Jumat (6/12/19) malam. Juara umum MTQ ke-XXIV Kabupaten Sintang tahun 2019 ini berhasil di raih Kecamatan Sintang, sementara peringkat kedua di raih Kecamatan Sungai Tebelian dan peringkat ketiga di raih Kecamatan Serawai.

Acara yang diawali defile Kafilah ketogori lomba ini berlangsung sukses, meriah dan lancar. Karena di suguhkan berbagai tontonan yang menarik dari panitia kegiatan yakni penampilan drumband dan ataraksi pencak silat, penampilan grup hadrah, grup qasidah dan penampilan tari kolosan dari sanggar Anantakupa Sintang. Terlebih acara tersebut di hadiri hampir 12 ribu masyarakat yang memadati tempat acara .

Dalam sambutannyanya Wakil Bupati Sintang Askiman, selaku pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat kepada para juara pada event dua tahunan ini. Askiman pun berpesan agar prestasi yang di raih bisa di pertahankan kedepanya serta teruslah berlatih untuk mempersiapkan diri mengharumkan nama Kabupaten Sintang pada MTQ tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sekadau pada 13-19 April 2020 mendatang. “dan bagi yang belum berhasil menunjukkan prestasinya dalam mtq ini, saya harapkan tidak berkecil hati, teruslah berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan - kesempatan yang akan dating”ucap Askiman.

Kemudian juga, Askiman menghimbau, baik kepada yang meraih juara maupun yang belum berhasil pada momen MTQ ke-XXIV ini, bahwa semangat bermusabaqah untuk meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar Al Qur'an, dan membudayakannya dalam kehidupan umat islam di Kabupaten Sintang ini.  Oleh karena itulah Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sesuai dengan visi pembangunan tahun 2016-2021 yaitu mewujudkan masyarakat Kab. Sintang yang religius. Dimana dari visi ini, akan dilakukan berbagai upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama di Kabupaten Sintang sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang bermoral, beretika, berbudaya dan beradab.

“semangat untuk membaca dan menghayati kalam illahi serta mendalami isi dan mengamalkan ajaran al - qur'an dalam kehidupan sehari - hari jangan hanya tumbuh dan layu untuk semusim. hal ini seharusnya dipandang sebagai kebutuhan bagi setiap muslim”pesannya.
oleh karena itu, dirinya berharap penyelenggaraan MTQ ke-XXIV ini dapat menambah wawasan, penghayatan dan cinta kita terhadap Al Qur'an. Terlebih pelaksanaan musabaqah merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al Qur'an. Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini. kegiatan yang berkaitan dengan syiar islam ini akan menjadi sia - sia dan percuma saja apabila tidak memberikan pengaruh yang positif.

“untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggungjawab seluruh komponen agar penyelenggaraan kegiatan musabaqah tilawatil qur'an ini memberi pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita ke depannya”ujar Askiman.
Askiman juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi, telah mendukung penuh dan ikut berpartisipasi bagi kesuksesan penyelenggaraan MTQ ke-XXIV tingkat Kabupaten Sintang. “kita semua berharap semoga suasana yang sejuk, damai, religius yang terwujud dalam penyelenggaraan mtq sekarang ini tetap terpelihara dan semakin meningkat di hari - hari mendatang”tutup Askiman.

Wakil Ketua Umum Pelaksanaan MTQ ke-XXIV Kabupaten Sintang, Helmi mengatakan MTQ  ke-XXIV Kabupaten Sintang tahun 2019 ini di helat sejak tanggal 2 Desember Senin lalu dan berakhir hari ini 6 desember 2019 yang di tutup langsung oleh Wakil Bupati Sintang. Helmi pun menyampaikan bahwa berbagai rangkaian kegiatan telah di laksanakan seperti ramah tamah dan pelantikan dewan hakim MTQ, penyelnggaran pawai ta’aruf yang diikuti 220 kendaraan roda empat dan 187 kendaraan roda dua. Kemudian penyelenggaran pembukaan MTQ yang pada saat itu acara berlangsung di bawah guyuran hujan namun tidak menyulut antusiasme masyarakat hadir memadati tempat acara.

“dari 3- 6 desember 2019  telah dilaksanakan lomba-lomba mtq di 5 tempat, yaitu lomba tilawah  dan tahfidz dewasa di panggung utama di eks. lapangan terbang susilo sintang, lomba khatil qur’an di rumah melayu sintang, lomba Fahmil qur’an di Aula SMPN 2 Sintang, lomba tilaah anak-anak, tahfidz dan tartil  qur’an di masjid Al Kautsar Sintang dan lomba syarhil qur’an di gedung Pancasila Sintang. Dimana peserta lomba secara keseluruhan berjumlah 553 orang dan semua lomba berjalan dengan tertib dan lancar”ujar Helmi.

Helmi pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara MTQ ini sehingga acara ini semuanya berlangsung sukses, aman dan lancar.
Hadir pada acara penutupan MTQ ini, unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, unsur OPD Kabupaten Sintang, ormas-ormas yang ada di Kabupaten Sintang dan tamu undangan lainnya.
                                 (Hms/Mit)

Previous
« Prev Post