Banjir Bandang Melanda Sejumlah Desa .Kab Melawi .



Cybernews.id - Melawi - Kalbar .
Hujan Deras dari jumat malam (06/12/19) sampai sabtu dini hari mengakibatkan beberapa desa di Kabupaten Melawi mengalami banjir, dan tanah longsor.
Banjir bandang. Seperti di Desa Nusa Kenyikap Kecamatan Belimbing yang mengakibatkan puluhan rumah terendam akibat banjir bandang.

Polres Melawi dengan sigap mendatangi TKP dan membantu evakuasi warga, barang dan ternak, informasi sementara yang di dapat ada 20 rumah warga yang terendam banjir di Desa Nusa Kenyikap Melawi dengan kedalaman air sekira 4 Meter.

Anggota Sabhara Polres Melawi yang dipimpin oleh Bripka Jainal Bidin mendatangi TKP pada pukul 01.30 wib menyampaikan bahwa saat mendatangi TKP air sudah tinggi dan warga sedang sibuk mengungsikan barang dan ternaknya.

Å“Mendengar Informasi ada banjir bandang di Desa Nusa Kenyikap Kami langsung meluncur ke Desa Nusa Kenyikap dan kami langsung membantu mengevakuasi warga, harta benda dan ternak warga.
Kami juga menghimbau seluruh masyarakat yang rumahnya di sekitar aliran sungai agar lebih mawas diri. Selain itu, masyarakat juga harus ikut menjaga aliran sungai, khususnya tidak membuang sampah di aliran sungai tersebut agar tidak terjadi penyumbatan yang dapat mengakibatkan banjir, Ucapnya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Sari Bripka Lumban gaol Menyampaikan Akibat Luapan sungai Lintah juga mengakibatkan puluhan rumah di Desa Tanjung sari juga terendam dan kandang ayam milik warga juga ikut terendam dan mengakibatkan semua ayam ternaknya mati semua.

Ada sekira 35 rumah warga yang terendam disini akibat luapan air sungai lintah, dan menyebabkan satu kandang ayam warga yang berisikan 700 ekor ayam mati semua.
Demikian juga keterangan dan wawancara cybernews dengan warga korban banjir walau tidak dapat menyebutkan kerugian yang diakibatkan oleh musibah banjir tersebut berharap ada campur tangan pemerintah (pihak terkait......red), jika banjir berkepanjangan atau pasca banjir yang setidaknya warga korban banjir tidak dapat bekerja bahkan ada kerugian secara materi yang disebabkan oleh musibah tersebut,.

Demikian kelehan warga sembari mengirimkan poto KTP masing masing yang terkena musibah banjir tersebut.
Demikian pula di lain tempat.
Menurut kanit Sabhara Polsek Ella Hilir Aipda Dedi di Kecamatan Ella Hilir juga terjadi penurunan tanah dan longsor akibat tingginya curah hujan yang terjadi.

Akibat yang di timbulkan oleh meningkatnya curah hujan yang terjadi di Kecamatan Ella Hilir mengakibatkan 3 pondasi rumah warga Dusun Sandung Permai Desa Nanga Ella Hilir mengalami penurunan dan sedikit ambruk serta pergeseran beton badan jalan yang rusak berat” Ucapnya. (S.Adi).

Previous
« Prev Post