ASISTEN SETDA PAPARKAN EKSPOSE PERSIAPAN MTQ SINTANG



Cybernews.id - Sintang .
Pelaksana Tugas Asisten Sekretariat Daerah Bidang Pemerintah, Kurniawan., S.Sos.,M.Si membuka ekspose rencana kegaitan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIV tahun 2019 di Balai Ruai Kkomplek rumah dinas Bupati Sintang, Selasa (30/10/2019).

Kegiatan MTQ tingkat kabupaten ini mengalami percepatan dalam pelaksanaannya. Semula kegiatan akan dilaksanakan pada tahun 2020 namun atas beberapa pertimbangan, kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Sintang akan dilaksanakan pada 2-6 Desember 2019.

“kegiatan ini mendapat sukungan sepenuhnya dari Bapak Bupati dan berbagai instansi terkait yang ada di Sintang,” ujar Kurniawan. “Untuk itu kita mintakan semua kecamatan ikut ambil bagian dalam setiap sesi dan kualifikasi,” tambahnya.

Para khafilah kecamatan dapat mengikuti 5 cabang dan 30 golongan lomba yang ada. Panitia juga menjamin berbagai kebutuhan para peserta. Ada cabang lomba bidang Tilawah, Hifzhil, Fahmil, Sarhil dan Khath.

“kita menyelenggarakan kegiatan MTQ ini dengan maksud untuk menguji, membuka ajang guna persiapan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Sekadau pada April 2020 nanti ya,”
 ungkap Kurniawan. “Selain itu kita juga ingin menyediakan wadah untuk menumbuhkan kecintaan dan pemahaman  terhadap kitab suci Al’Quran sebagai wujud pencapaian visi masyarakat Sintang yang religius,” katanya lagi.

Agenda lain selain lomba, panitia juga mengadakan pawai Ta’aruf dan pameran Islami.  Kegiatan ini juga dilangsungkan di beberapa fasilitas pubik yang tersebar di Kota Sintang, mulai dari Gedung Pancasila, Pendopo rumah dinas Bupati hingga di eks. Lapangan Terbang Susilo.

Pada kesempatan yang sama, Camat Ketungau Hilir, Lunsa Balu, S.Pd,.M.Si menyampaikan bahwa anak-anak ditimnya sudah cukup siap dalam mengikuti ajang MTQ tingkat kabupaten nanti. Ia menyebutkan kelengkapan kepesertaan sudah dilengkapi.

“Rencananya kami dah baguslah, nanti Senin kami akan mematangkan lagi persiapannya,” ujar Lunsa. “Hanya saja kami ini, ikut yang anak-anak jak, karna Ketungau Hilir belum ada peserta untuk yang cabang dewasa. Kita ingin capaian prestasi di MTQ ini akan baiklah, kita sudah ada yang sampai ke tingkat nasional, semoga kali ini akan bertambah lagi prestasi dari Ketungau Hilir ini,” harapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, sejumlah camat dan perwakilan dari LPTQ Kecamatan serta sejumlah panitia acara.
                  (Hms/Mit)

Previous
« Prev Post