Bupati Sintang Kukuhkan 31 Paskibraka Sintang


Cybernews.id -Sintang (Kalbar)
Sebanyak 31 anggota pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH yang ditandai dengan pemasangan evolet paskibraka, di Pendopo Bupati Sintang, pada hari Selasa, (13/08/2019)

Peserta paskibraka yang telah di kukuhkan nantinya akan bertugas sebagai pengibar bendera merah putih pada upacara perayaan hari ulang tahun Negara Indonesia yang ke 74 di Stadion Baning Sintang.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa paskibraka Sintang harus bisa menunjukkan kualitas terbaiknya, “tugas ini amanat mulia yang harus dilaksanakan dengan sepenuh hati. Jalian harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan yang terpilh, beretika tinggi dan berbudi luhur serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi” ungkap Jarot pada kata sambutannya.

Pada kesempatan itu, Jarot juga berpesan agar acara pengukuhan ini jangan diartikan sebagai acara seremonial belaka, namun harus dihayati dan direnungkan oleh peserta Paskibraka agar bermakna untuk menanamkan serta menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Jarot juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada panitia paskibraka, pelatih dan unsur-unsur yang terkait, yang telah memberikan pelatihan dan pembinaan kepada anggota Paskibraka Kabupaten Sintang.

Secara terpisah, Pembina Paskibraka Kabupaten Sintang, Deavy Mustika menjelaskan jumlah anggota paskibraka asal Kabupaten Sintang, “jumlahnya ada 31 orang Paskibraka, dari Kecamatan Sintang sebanyak 20 orang, Kecamatan Sepauk sebanyak 1 orang, Kecamatan Kelam Permai sebanyak 2 orang, Kecamatan Dedai sebanyak 1 orang, Kecamatan Binjai Hulu sebanyak 1 orang, Kecamatan Sungai Tebelian sebanyak 2 orang, Kecamatan Tempunak sebanyak 1 orang, Kecamatan Ketungau Hilir sebanyak 1 orang, Kecamatan Kayan Hilir sebanyak 1 orang dan Kecamatan Kayan Hulu sebanyak 1 orang yang terdiri dari 27 pelajar putra  dan 11 pelajar putri berasal dari SMA/Sederajat di Kabupaten Sintang”, kata Deavy.

Masih kata Deavy Mustika, menjelaskan bahwa para Paskibraka sudah dilatih beberapa hari yang lalu untuk persiapan HUT RI di Sintang, “sebelum dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka, para peserta menjalani serangkaian pendidikan dan latihan yang dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli 2019 lalu hingga tanggal 18 Agustus 2019 di Gedung Cadika Sintang dan dalam Diklat ini mereka dididik dan dilatih melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada saat peringatan HUT RI tahun ini.”, jelasnya.(Hum /Mit)

Previous
« Prev Post