WAKIL BUPATI SINTANG DRS, ASKIMAN, MM HADIRI KEGIATAN GAWAI DAYAK DI DESA MENGKIRAI JAYA KECAMATAN DEDAI



Cybernews.id. Sintang .
Masyarakat suku Dayak Barai di  Dusun Mengkirai Hulu Desa Mengkirai Jaya Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat  hari ni  Sabtu, 06/07/2019   melaksanakan  Gawai  Nyelapat  Gawai  dihadiri Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM sekaligus membuka acara kegiatan.

Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM  dalam kata sambutannya mengatakan,  bahwa  kegiatan gawai dayak yang dilaksanakan masyarakat Barai  di de Mengkirai Jaya  ini  tidak hanya merupakan rutinitas namun memiliki makna yang sangatluar biasa guna melestarikan potensi budaya masyarakakita sebagai masyarakat dayk Barai  tentunya memiliki adat iiadat, seni budaya, dan selayaknya kita bisa disebut masyarakat adat, memiliki nilai sejarah yang harus tetap kita jaga dari nenek moyang kita, seperti pelaksanaan Gawai Day ini  yang setiap tahun dilaksanakan”.


Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM  juga menjelaskan, sebagai masyarakat Dayak Barai  yang memiki Adat Istiadat, mari kita gali potensi seni budaya kita, gali semua  adat istiadat  yang kita miliki,  seperti senbudaya tari, kerajinan“seperti kesenian tarian  yang ditampilkan  tadi sungguh sangat luar biasa mari kita gali terus dan dikembann  sebagaimana kita sebagai suku dayak barai harus memiliki identitas diri kita”.

“sebagaimat beragama Gawai Nyelapat Tahun Gawai  Dayak dilaksanakan  suku Dayak braai  ini, kita mengucapkan sukur  kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Pencipta langit dan Bumi serta isinya  yang memiliki putra tunggal bagi orang Kristen dan katholik sang jurus selamat   yang  telah memberikakita rejeki,  memberikan berkat, memberikan  berkah  dan tentunya juga bukan hanya masalah perladangan,  namun dalam setiasegi kehidupan yang telah diberikan Tuhan kepada kita”  tegas Wakil Bupati Sintang Drs Askiman,MM

Sementara itu, Pada kata sambutannya  Camat Dedai Kabupaten Sintang  Subendi  mengatakan,  bahwa Gai Nyelapat tahun(Gawai Dayak)   suku Barai  di Desa Mengkrai jaya ini , sebagai salah satu upaya mempertahankan adat budaya”mengingat  adat budaya merupakan identitas yang harus terus dijaga dan dikeangkan,
gawai ini merupakan adat yang mempunyai keunikan tersendiri yang menjadi kebanggaan kita”.

Pada kegiatan Gawai Nyelapat tun(Gawai  Dayak) suku Dayak Barai di Dusun Mengkirai Hulu  Desa  Mengkirai Jaya   Kecamatan Dedai  Kabupaten Sintang padari  ini  Sabtu, 06/07/2019  yang dihadiri Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, juga  Pejabat , Camat Dedai,  Forkopimcam  Kepala Badan Permusyawatan Desa (BPD),  Ketua Dewan Adat , para kepala desa,  tokoh adat, para tumenggung, tokoh agama  Kecamatan Dedai.
              (Pemkab/mit)

Previous
« Prev Post