MENGGALI POTENSI PENYANYI DAYAK, DAD SINTANG GELAR LOMBA LAGU DAYAK PADA PEKAN GAWAI DAYAK KE-VIII



Cybernews.id. Sintang .
Salah satu upaya menggali potensi para penyanyi dayak di kabupaten Sintang, Dewan Adat Dayak KabuatenSintang menggelar Lombagu Dayak Kategori Anak dan Dewasa pada Pekan Gawai Dayak -VIII kabupaten Sintang, dIndoor Apang Semangai Sintang, Rabu (10/07/2019).

Koordinator Lomba Lagu Dayak Kategori anak-anak dan dewasa Gawai Dayak ke-VIII kabupaten Sintang Sutarman menyampaikan, lomba lagdak kategori anak dan kategori dewasa pada pekan Gawai Dayak ke-VI ini merupakan emecah rekor peserta terbanyak dibdingkan tahun-tahun sebelumnya selama penyelggar lomba lagu dayak.


“Sebenarnya tahun ini memecahkan rekor secara peserta  terbanyak dibandingkan tahun sebelumnya hanya untuk kategori anak putra mang tidak pernah banyak namun untuk kategori anak putri tahun ini bahkan 2 kali lipat dibandi sebelumnya,” Katanya.
Sutarman menjeskan pada lomba lagu dayak penyisihan ini peserta hanya menyayikan lagu wajib sesuai kategori,

Dan jika masuk final maka akan menayikan lagu pilihan yang lah ditentukan oleh panitia.
“Lagu wajib yang kami siapkan untukategori anak putra yakni lagu Apang Semangai dan  untuk anak putri laguedang , sedangkan untuk kategori dewasa pra lagu Cuma dara dan kategori dewasa putri lagu tekenang,” Jelas Sutarman.


Menurutnya kabupaten Sintang merupakan kabupaten paling produktif dalam memproduksi lagu daerah, dan dihapkan melalui lomba lagu dayak dari semua kategori yang dilombakan dapat melahirkan generasi penerus yang akan elestarikan dan mengangkat budaya terutama lagu dayak.

Sementara itu, salah satu peserta lomba lu dayak kategori dewasa Yofita mengaku senang dan bangga karena lomba lagudayak dapat mengasah kemampuan serta mambah pengalamannya.
“Urusan kalah menang adlah hal biasa dalam sebuah lomba, dan melalui lomba ini saya juga ingin belajar kebudayaan yak antara lain lagu dayak ini,” Ujarnya.

Yofita juga mengajak kaum muda sebagai pemuda dayak yang berkualitas yang tidak kalah dengan kebudayaan dari luar untuk mengakat kebayaan karena budaya dayak telah banyak digantiakn kebudayaan luar.

Lomba lagu dayak kagori dewasa dan anak terdiri dari 14 peserta kategori anak dan 35 peserta kategori dea dinilai oleh T juri yakni 5uri yang berlatang belaang pncipta lagu, pemain musik, penyayi, penata audio dan guru vokal.
                       (Pemkab/Mita) .

Previous
« Prev Post