ASISTEN SETDA WAKILI BUPATI MEMBUKA SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA POLBANGTAN



Cybernews.id Sintang .
Asisten Sekretariat Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Hendri Harahap mewakili Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno membuka kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa diploma IV Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) di Aula SMK N 1 Sintang, Senin (15/07/2019).

"Kita sangat terikat dengan bidang pertanian dan peternakan, kita memerlukan tenaga-tenaga yang terampil dalam menangani pembangunan pertanian di daerah kita," kata Hendri. "Untuk itulah sejak tahun 2017 yang lalu, kita memulai kerjasama dengan politeknik pembangunan pertanian Magelang-Yogyakarta," tambahnya.

Sejauh ini, Pemda Sintang sudah mengirim 35 orang mahasiswa untuk menempuh pendidikan di POLBANGTAN. Tahun ini dimulai seleksi dengan sistem CAT yang kemudian dilanjutkan dengan seleksi wawancara.

"Saya berharap anak-anak sudah menyiapkan diri sebaik mungkin," kata Hendri lagi. "Telitilah dalam menjawab pertanyaan, jaga ketenangan diri kalian saya berharap kalian mendapatkan hasil terbaik dalam proses seleksi ini," pungkasnya.

Ketua panitia seleksi, M. Yusuf, S Sos,.M Si menjelaskan bahwa tujuan seleksi ini untuk menyeleksi putra-putri terbaik dari SMK Pertanian/SMA IPA yang ada di Sintang. Kegiatan ini untuk memenuhi kerjasama antara Pemda Sintang dengan POLBANGTAN Magelang dan Yogyakarta.

"Ada syarat khusus yang kita sertakan dalam proses seleksi ini selain yang yelag ditetapkan oleh kampus POLBANGTAN," kata Yusuf. "Salah satunya ialah, tidak mempunyai saudara kandung yang sebelumnya pernah mendapatkan beasiswa dari Pemda Sintang," terangnya.

Ada 10 orang yang akan diberikan beasiswa untuk tahun 2019 ini. Ada kuota 2 orang untuk program studi (prodi) Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, 1 orang untuk prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, 1 orang untuk prodi Agribisnis Holtikultural, 3 orang prodi Teknologi Benih, 1 orang untuk prodi Teknologi Pakan Ternak, dan 1 orang untuk prodi Teknologi Produksi Ternak.

"Ada 89 pendaftar, yang lulus seleksi administrasi ada 86 orang," kata Yusuf. "Dari 86 orang tersebut yang datang srleksi CAT ini ada 79 orang," tambahnya.


Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Setda Bidang Administrasi Umu, Marchues Afen, Kepala BAPPEDA Sintang, Kartiyus dan perwakilan dari POLBANGTAN.
                             (Hum/Mita)

Previous
« Prev Post