16 PESERTA LOMBA MELUKIS PERISAI IKUT SERTA MEMERIAHKAN PGD ke-VIII


Cybernews.id Sintang .
GAWAI SINTANG 2019: Menggali bakat seni melukis motif dayak di kabupaten Sintang, Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang nggelar Lomba melukis perisai pada Pekan Gawai Dayak ke-VIII kabupaten Sintang, di Indoor Apang Semangai Sintang, Rabu (10/07/2019).

Koordinator Lomba Melukis Perisai Gawai Dayak ke-VIII kabupaten Sintang Marsianus mengatakan, Lomba melukis perisai bertujuan untuk mencari  bakat-bakat dari DAD  kecamatan  maun umum yang tersebar di kabupaten Sintang dalam mamuan melukis perisai, karena perisai merupakan sah satu bentuk kebudayaan masyarakat dayak yang harus dilestarikan dan dikembangkan.


“Lomba perisai pada Pekan gawai dayak ke VIII tahun 2019 diikuti 16 peserta  yakni 15 peserta putra dan 1 peserta puti dan ada beberapa kriteria penilaianada lomba melukis perisai  yakni artistik, kreatifitas, tingkat kesulitan,radisionalitas, kerapian/kebersihan dan komposisi warna,” Katanya.

Marsianus berharap kebudayaan dayak  khususnya  bidang melukis perisai semakin berkembang serta semakin banyak generasi dayak yang melestarikannya.


Sementara itu, salah satu peserta lomba melukis perisai Maria  Februanti Giana menyapaikan cukup senang karena dapat ikut serta memeriah  pekan gawai dayak  ke VIII khususnya lomba melukis perisai.

“Saya bangga karena sebagai perempuan satu-satunya yang mengikuti lomba melukis perisa, sebelumnya saya  pernah mengikuti lomba mekis perisai pada pekan gawai dayak ke 6 dan saya gagal , saya menco lagi pada pekan gawai dayak ke VIII ini dan mudah-mudahan saya bisa jadi pemenang lomba,” Jelas Maria.

Maria berharap untuk kedepannya anak muda ksusnya kaum perempuan untuk ikut serta memeriahkan pekan gawai dayak serta menunjukanakat  karena perempuan juga memiliki banyak bakat dan kemampuan.

Pemenang lomba melukis perisai juara I, II dan III akan mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan.
                          (Pemkab/Mita)

Previous
« Prev Post