SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1440 HIJRIAH, PEMKAB SINTANG RENCANAKAN LAKUKAN SAFARI RAMADHAN DI LIMA MASJID



Cybernews.id. Sintang(Kalbar)
Pemerintah Kabupaten Sintang akan melakukan Safari Ramadhan ke-5 Masjid di 5 Kecamatan di Kabuapten Sintang, selama Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah Tahun 2019 ini. Hal ini diungkapkan oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sintang, Kurniawan saat ditemui diruang kerjanya, Senin 29 April 2019.

“Safari Ramadhan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara masyarakat dengan Pemerintah, menyamakan persepsi untuk meneruskan pembangunan, menyerap aspirasi masyarakat, menyampaikan informasi pembangunan dan pemberdayaan serta sarana komunikasi yang baik,” terang Kurniawan.
Kurniawan juga menjelaskan bahwa dalam Safari Ramadhan ini akan dilakukan berbagai kegiatan seperti melakukan dialog, buka puasa bersama masyarakat, Sholat Magrib, Shalat Isya dan Shalat Tarawih berjama’ah bersama dengan masyarakat, penyerahan bingkisan dan ceramah atau tausiyah.

“Pemkab Sintang sudah menyusun jadwal Safari Ramadhan dan untuk membangun kebersamaan berbagai elemen di Kabupaten Sintang, Pemkab Sintang mengajak seluruh OPD, Anggota DPRD Sintang, Kementerian Agama, Tokoh masyarakat, pimpinan perbankan, kalangan kampus, Polri – TNI dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Sintang,” jelas Kurniawan.
Selain itu, Kurniawan mengungkapkan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini juga sebagai langkah Pemerintah Kabupaten Sintang untuk mewujudakan salah satu visi dan misi pemerintah Kabupaten Sintang dibawah kepemimpinan Bupati, Jarot Winarno dan Wakil Bupati, Askiman yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Sintang yang religius dan juga meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan agama dalam kehidupan sosial.
Berdasarkan jadwal yang sudah ada, kata Kurniawan, Safari Ramadhan akan di mulai Senin, 13 Mei 2019 ini di Kecamatan  Sepauk yakni di Masjid Baiturrahman, Desa Mait Hilir di mana rombongan akan dipimpin Bupati Sintang yang akan didampingi rombongan lain yang berasal dari lintas instansi. Dihari yang sama, Danrem 121 ABW akan memimpin rombongan melakukan safari ramadhan ke Masjid Darul Muttaqin Desa Pagal Baru Kecamatan Tempunak.
Sementara itu, Wakil Bupati Sintang pada Rabu, 15 Mei 2019 akan memimpin rombongan Safari Ramadhan ke Masjid Hubbul Wathan Desa Belinyau Sibau Kecamatan Dedai. Dihari yang sama, Kapolres Sintang akan memimpin rombongan safari ramadhan ke Masjid Sabilal Mutaqin Desa Nobal Kecamatan Sungai Tebelian. Pada Senin, 20 Mei 2019 Ibu Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang akan memimpin rombongan safari ramadhan ke Masjid Al Husna Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Sungai Durian Kecamatan Sintang
Ditambahkan Kurniawan, kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Sintang ini rutin dilakukan setiap tahun yakni sebagai salah satu upaya untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang program-program yang sedang dan akan dilakukan serta mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjadikan momentum Ramadhan ini sebagai saranan untuk membangun dan menumbuhkan kesholehan spritual dan kesolehan sosial sekaligus membangun kepekaan sosial di masyarakat, dan yang terpenting adalah memberikan pemahaman agama sehinga bisa diaplikasikan dalam hidup sehari-hari terlebih saat melaksanakan ibadah di bulan yang penuh rahmat bagi umat muslim ini sehingga wujud hidup kebersamaan ditengah perbedaan yang ada terus tercipta di Kabupaten Sintang.

“Momen safari Ramadhan ini bisa memberikan suasana yang dekat dan penuh kekeluargaan, kalau kerjasama sudah terjalin dan tercipta dengan baik, maka antara masyarakat dengan pemerintah akan bisa bersatu sehingga proses pembangunan bisa lebih cepat tercapai,” tutup Kurniawan.

(Red/hum)

Previous
« Prev Post