BUPATI SINTANG MEMBUKA KEGIATAN DISKUSI PUBLIK PARTISIPASI ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEBIJAKAN DAN PELAYANAN MASYARAKAT DI 3 KABUPATEN


Cybernews, Sebagai upaya mewujudkan  Open Government Week di bulan Maret  guna  mendorong keterlibatan masyarakat dan keterbukaan  pemerintah, pada  hari  ini Kamis, 14/03/2019/  Wahana Visi Indonesia (WVI) Zona Kalimantan Barat  mengadakan  diskusi publik  bertajuk Partisipasi  Anak untuk Meningkatkan  Kebijakan  dan Pelayanan  Masyarakat  Kabupaten Sintang, Sekadau dan Melawi Propinsi Kalimantan  Barat di Pendopo Bupati Sintang ,  secara langsung dibuka  dan dihadiri  Bupati Sintang dr. Jarot Winarno,M.Med,PH,   dan  Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya  Usfa Yursa,Amd,  dan  Sekretaris Bappeda Sanggau  Teresia Lili,SH,  sebagai narasumber.
Pada  kata sambutan  Bupati  Sintang dr. Jarot Winarno,M.Med,PH, mengatakan, bahwa peran Wahana Visi Indoensia selama ini sudah bertahun-tahun  banyak telah membantu  masyarakat sipil  dan masyarakat Kabupaten Sintang dalam pemenuhan kebutuhan dasar banyak membantu kebutuhan dasar.
“yang kita inginkan di tiga kabupaten Sintang, Sekadau dan Melawi   pada suatu saat  kita ini punya  demokrasi yang berkuwalitas  dimana setiap warga Negara  termasuk anak-anak , ibu-ibu,  kaum perempuan  bisa mengartikulasikan keinginan  dan keterlibatan mereka  dalam setiap zona pembangunan, yaitu pertumbuhan  yang inklusif  baik dikota, desa baik itu yang kaya maupun yang miskin sama-sama maju, kita menginginkan pemerintah yang dipercayai oleh rakyatnya” tegas dr. Jarot Winarno,M.Med,PH.
Bupati  Sintang dr. Jarot Winarno,M.Med,PH, menjelaskan,  bahwa untuk itu tiga kabupaten ini mengadop  yang disebut dengan gerakan Open Government  yaitu gerakan pemerinathan yang terbuka , dan prinsip menjadi pemerintahan yang terbuka ada empat ,yaitu kesiapan penyelenggara Negara dari aspek infogritas , Akuntabilitas, Transparansi, dan yang ke empat  yang paling penting yaitu membangun Sintang, Melawi, Sekadau gak mungkin hanya pemerintah saja kita perlu  bangun kabupaten ini bersama-sama masyarakat,  dan kami siap memediasi , memfasilitasi melaksanakan pelibatan publik dari segala perencanaan hingga  kegiatan.
dr. Jarot Winarno,M.Med,PH,  menambahkan, dengan komitmen yang kita  lakukan bersama-sama ini ,saya yakin  bahwa  secara sengaja kita dari tiga kabupaten ini ,  kita  bisa melakukan penguatan masyarakat sipil , dan apabila masyarakat sipil , yang kuat disuatu daerah itulah factor utama adanya  pelibatan publik dan pada akhirnya kita  nanti bisa mewujudkan demokrasi  yang berkwalitas mewujudkan pertumbuhan yang inklusif  itulah yang dinamakan gerakan Open  Government.   
Sementara itu,  Area Manager Wahana Visi Indonesia Kalbar  Portunatas Tambah mengatakan, sesuai arahan RPJM  nasional  tahun 2015/2019  pemerintah bertekad memperbaiki  pelayanan dasar di sektor di sektor kesehatan,  pendidikan ,  identitas hukum , perlindungan sosial dan infrastruktur  dasar untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan guna mendorong akuntabilitas dititik terdepan  layanan menjadi sangat penting, karena dalam beberapa tahun terakhir ini  dana pembangunan untuk pembangunan pelayanan dasar propinsi dan kabupaten  relatif besar namun tidak diimbangi dengan pencapaian yang  baik sehingga dibutuhkan kerjasama, akuntabilitas,  transparansi  dari kita semua”untuk mendorong akuntabilitas pelayanan yang diutamakan keterlibatan warga dan  masyarakat untuk tetap bisa mendukung dan memberikan kontribusi , inilah yang dinamakan akuntabilitas sosial.
Pada  acara diskusi public  bertajuk  Partisipasi  Anak untuk Meningkatkan  Kebijakan  dan Pelayanan Masyarakat  Kabupaten Sintang, , Sekadau dan Melawi Propinsi Kalimantan  Barat  yang dilaksnakan Wahana Visi Indoensia Kalbar yang  dibuka  Bupati  Sintang dr. Jarot Winarno,M.Med,PH,  hari  ini Kamis, 14/03/2019/  di Pendopo Bupati Sintang  selain dihadiri Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya  Usfa Yursa,Amd,  dan  Sekretaris Bappeda Sanggau  Teresia Lili,SH,  juga  Para pejabat OPD terkait , Camat, Kepala desa, Organisasi Peduli Anak, Ombudsman  kalbar, Fakta Kalbar, Koalisi  Peduli Anak dan pejabat jajaran  Pemerintah Kabupaten Sintang, Sekadau, Melawi.(red.hum)

Previous
« Prev Post