dr. Jarot Winarno, M.Med.PH Buka Rapat Kerja Camat, Kepala Desa dan BPD Se-Kabupaten Sintang



Sintang, Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.PH membuka rapat kerja camat,kepala desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Sintang, di Gedung Pancasila Sintang, Selasa (26/02/2019).

“saya barusan pulang dari Serawai, jadi saya melihat sendiri kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa-desa kita ni ya,” kata dr. Jarot. “bayangkan uncak sungai Jelemuk ada deklarasi Open Defecation Free (ODF), inikan usaha pemberdayaan masyarakat yang memerlukan proses jangka panjang,” tambahnya.

“saya ucapkan terima kasih kepada kades dan jajarannya serta BPD yang sudah berusaha menggunakan dana desa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya,” ujar dr. Jarot lagi. “kita harapkan ke depan ini usaha ini lebih efisien dan efektif lagilah ya,” pungkasnya. 

Bupati Sintang memukul gong sebanyak 7 kali sebagai simbol dibuka acara ini. Setelah itu beliau menyerahkan dokumen dana transfer desa tahun 2019 kepada perwakilan peserta.

Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward mengatakan bahwa dirinya  sangat mengapresaisi kegiatan ini. Beliau memuji antusias para pemimpin desa dalam meningkatkan kualitas diri mereka salah satunya lewat kegiatan rapat kerja ini. 

“kita harap para pemateri dapat memberi bekal bagi para kades dan bpd dalam melaksanakan pembangunan,” kata Jeffray. “kita juga berharap dapat mendengar program-program pemerintah pusat akan disampaikan oleh Pak Lasarus,” katanya lagi.

Rapat kerja ini mengusung tema, dengan rapat kerja camat, kepala desa dan Ketua BPD kita tingkatkan sinergitas dalam tata kelola pemerintahan desa, kelembagaan desa menuju desa yang maju dan mandiri. Kegiatan ini diikuti oleh 796 orang peserta. kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 26 hingga 27 Februari 2019. 

“tujuan kita menyelenggarakan raker ini itu untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa yang efisien, efektif, akun tabel dan transparan,” kata Herkolanus Roni selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang dalam sambutannya. ”pada kesempatan ini, kita juga mau menyelaraskan program kegaitan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dengan desa-desa menuju desa maju dan mandiri,” tambahnya lagi. 

Roni menyebutkan pula bahwa pada kegiatan ini, para kades dan ketua BPD akan diajak untuk membahas mengenai penyusunan dan pembuatan laporan RPJMDes, RKPDes, LPPDes, Laporan Kinerja BPD dan Admisnitrasi desa dan BPD. Dinas PMPD juga menghadirkan sejumlah narasumber untuk menambah ilmu para peserta. Para narasumber didatangkan dari berbagai latar belakang dan OPD terkait. 

Tampak hadir pada acara tersebut, Anggota komisi V DPR RI, Lasarus. Sejumlah pejabat dari instansi vertikal dan perwakilan OPD di Lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sintang.(red.hum) 

Previous
« Prev Post