Dinas Pendidikan Bersama BNN Kabupaten Sintang Laksanakan Sosialisasi Narkoba Khusus SMA,SMK Perbatasan Indonesia - Malaysia.





    S14N, Dalam rangka untuk memerangi narkoba Dinas Pendidikan bekerjasama dengan BNN Kabupaten Sintang melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Bahaya Narkoba kali ini dikhususkan bagi Siswa Siswi SMA,SMK Sederajat di wilayah Perbatasan Indonesia - Malaysia Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang Kalbar yang dihadiri Unsur pimpinan kecamatan setempat 16/10/18.
Yustinus Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Mengatakan Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika dan Obat-obatan Berbahaya berasal dari bahasa Yunani yang berarti “kelenger” yang berdampak negatif membuat manusia Flay atau tidak sadarkan diri apabila dikonsumsi, Narkoba juga berupa zat atau obat yang berasal dari tanamam dan bukan tanaman  baik sintetis maupun semi sintesis yang dapat menghilangkan kesadaran, rasa nyeri dan juga menimbulkan ketergantungan pada penggunanya kata Yustinus.

   Menurut Yustinus ada beberapa  jenis narkoba yaitu heroin, ganja dan sabu-sabu, Heroin merupakan sejenis opioid alkalaoid yang memiliki bentuk seperti kristal putih yang memiliki efek samping dapat menimbulkan halusinasi yang berlebihan, sementara ganja adalah  tumbuhan penghasil serat akan  tetapi tanaman ini lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada biji dan buahnya. Zat ini dinamakan dengan tetrahidrokanabinol yang dapat mengakibatkan pemakainya mengalami euforia yang berlebihan, sedangkan sabu-sabu  merupakan obat psikostimulansia dan simpatomimetik dengan  efek samping hiperaktif, kegelisahan, Pupil, mulut kering, bahkan dapat mengakibatkan kematian pada penggunanya, jelas Yustinus.

Yustinus menambahkan untuk  menghindari Narkoba " Mari kita  tingkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pelajari tentang bahaya narkoba dan  berfikir positif dan  ambil kesibukan sibukan yang bisa menguntungkan", ungkapnya.
Risma N.K.S kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Ketungau Tengah mengucapkan terima kasih kepada Bapak dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang dan Rombongan atas sosialisasi ini, paling tidak saya mewakili siswa Siswi mahami pengertian Narkoba dan akibatnya, kiranya penyampaian ini bermanfaat bagi para Siswa-siswi SMA, SMK, Juga para Anak Anak SD dan SMP, bahkan orang Tua, saya katakan" No Narkoba", kata Risma.// Mora

Previous
« Prev Post