Personel Korem 121/Abw Berikan Materi Pengetahuan Kompas Kepada Siswa/i Pramuka





Cybernews.id -Sintang - Kalbar .

Korem 121/Abw memberikan materi pengetahuan Kompas kepada siswa-siswi pramuka SMK Muhammadiyah Sintang di Makorem 121/Abw, Sabtu (19/06/2021). 


Sintang– Praja Muda Karana (Pramuka) adalah suatu organisasi pendidikan nonformal  yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia dimana kata Pramuka itu sendiri memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya dengan sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur yang diimplementasikan kepada makhluk hidup terutama kepada sesama manusia serta terhadap lingkungan hidup.


Ada beberapa jenis kegiatan dalam kepramukaan, setiap kegiatan di sesuaikan dengan tingkatan masing-masing, baik untuk Siaga, Penggalang, penegak maupun Pandega. Hal ini tentunya disesuaikan dengan tingkatan umur dan pola pikir dari anggota Pramuka itu sendiri.


Demikian halnya yang dilaksanakan oleh SMK MUHAMMADIYAH SINTANG  yang berada di Makorem 121/Abw Sabtu 19 juni 2021 dengan dibantu oleh anggota Korem 121/Abw melaksanakan kegiatan kepramukaan kepada siswa-siswi tersebut. 


Dua orang personel Serka rio dan Serda Andreyus Dono yang memberikan materi penggunaan kompas memaparkan bagaimana cara menggunakan kompas yang benar baik dan benar, baik kompas digunakan sebagai alat untuk menentukan arah mata angin maupun untuk menentukan suatu arah yang akan dituju apabila digunakan pada saat berjalan. Hal itu dikemukakan kepada para siswa karena sangat penting apabila menggunakan kompas terutama di daerah hutan yang tidak ada petunjuk sama sekali agar tidak tersesat.


Selain memberikan pengetahuan kompas juga sebelumnya Korem 121/Abw telah beberapa kali melaksanakan kegiatan kepramukaan antara lain memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), latihan kepemimpinan, kedisiplinan, dan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi.


Kepala Sekolah SMK MUHAMMADIYAH  Asep Muslim, S.Pd, S.M dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat terbantu dengan kesediaan Korem 121/Abw yang selama ini turut terlibat dalam kegiatan kepramukaan di sekolahnya dan tidak lupa mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya.


“Kami sangat terbantu dengan keterlibatan KOREM 121/ABW dalam kegiatan kepramukaan di sekolah kami dengan membagi ilmu yang mereka punya kepada siswa-siswi selama ini, dan kami juga atas nama sekolah maupun yayasan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada KOREM 121/ABW karena berkenan meluangkan waktu untuk melatih anak didik kami,”Tutur ASEP MUSLIM .(Kepala Sekolah SMK MUHAMMADIYAH)


(Penrem 121/Abw).  

Editor : Mit .



Previous
« Prev Post