Bupati Hadiri Sertijab camat Tempunak .


Cybernews.id - Sintang - Kalbar .
Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri acara serah terima jabatan dan ramah tamah Camat Tempunak dari Drs. Paulinus, M. Si kepada Kiyang, S. Sos di Gedung Serbaguna Kecamatan Tempunak, Rabu (22/1/2020) pagi. 

Turut hadir pada acara tersebut 3 Anggota DPRD Kab. Sintang dapil Sepauk-Tempunak, Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kab. Sintang Sy. Yasser Arafat, S. Sos. M. Si, Kepala DPMPTSP Kab. Sintang, Kabag Tapem Sekretariat Daerah Kab. Sintang, unsur Forkopimcam Tempunak, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat dan tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Bupati Sintang Jarot Winarno mengucapkan selamat kepada camat tempunak yang baru. Segera berkerja dan koordinasi dengan semua unsur yang ada di Kecamatan Tempunak ini. Terlebih menurutnya Jadi camat sulit, sama dengan jadi bupati, sama dengan jadi kepala desa. Dia pokoknya yang rindang tempat semua orang berteduh. Pokoknya yang kuat tempat orang bersandar. Ranting yang kuat tempat orang bergantung. 

"Banyak hal yang mesti diurus. Misal seperti ada musibah, kadang-kadangpun ada yang mau bercerai tu datang ke bupati. Pasti berat. Tentunya apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tinggginya kepada camat yang lama yang sudah hampir enam tahun mengabdi disini. Dan  selamat mengemban amanah kepada pak kiyang"ungkap Jarot.

Selanjutnya jelas Jarot, Camat itu mendapat kewenangan delegatif, yakni yang pemerintah kabupaten limpahkan selurunya kepada camat untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan umum. Serta juga ada kewenangan atributif namanya yakni yang melekat pada camat itu sendiri. 

"Semuanya adalah penyelenggaraan pemerintahan umum, kemudian pembinaan, pengawasan, pemberdayaan masyarakat. Lalu ada juga untuk mengatasi masalah konflik dan sebagainya"terang Jarot.

Jarot pun meminta kepada camat yang baru ini harus menciptakan pemerintahan yang terbuka. Dimana pemimpin itu harus mudah di hubungi, mudah berkomunikasi, ketika jelas permasalahanya, kemudian harus mencari solusi. "Jadi kami mohon kita di tempunak ini terbuka. Terlebih kita ini menuju open goverment. Kalau orang kritik itu biasalah. kalau forkopimcam kompak, seluruhnya di tempunak kompak kemudian dapat suport dari anggota dewan. Tempunak ni pasti maju"kata Jarot.

Selain itu juga, Jarot pu berpesan kepada camat yang baru harus sering bertanya dan meminta pendapat kepada para pemuka agama, karena ilmu merekalah yang memajukan negara. kemudian itu juga jadi pemimpin itu harus adil. Kegiatan-kegiatan keagamaan juga harus di dukung. 

Camat Tempunak Kiyang mengatakan rasa syukur patut di haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa pada hari ini serah terima camat tempunak bisa terlaksana. Tentunya hari ini merupakan moment yang bersejarah bagi kecamatan tempunak, secara khusus juga bagi dirinya pribadi, karena tidak menyangka di berikan amanah pembangunan demokrasi melalui birokrasi yang selama ini kita bangun bersama. 

"Pada hari ini tempunak membuka lembaran baru, pesan singkat saya, birokrasi tak tergantung kepada siapa menjadi pemimpin, tapi birokrasi harus berkesinambungan atau berjalan terus menerus"ungkap Kiyang.

Untuk itulah, Kiyang meminta kepada seluruh element dapat kirany terus bersama sama membangun kecamatan tempunak agar lebih maju dan beradab karena tempunak adalah milik bersama dan siapapun harus menjaganya. 

Sementara itu Camat sebelumnya Paulinus mengatakan Kecamatan Tempunak sejauh ini sudah mengalami peningkatan pembangunannya yang sangat signifikan. Tidak seperti awal-awal dirinya menjabat camat 2011 lalu yang kondisi pembanguan masih memprihatinkan terutama untun infrastruktur jalan.

"Terimakasih pak bupati sudah memberikan perhatian yang sangat luarbiasa di kecamatan tempunak, karena sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnnya"ungkap Paulinus.

Paulinus pun menyampaikan permohonan maaf jika selama dirinya memimpin atau menjadi Camat Tempunak terdapat kekurangan dan kekhilafan. Ia berharap Camat yang baru terus melanjutkan pembangunan di Kecamatan Tempunak ini.

Sumber : prokopim Pemkab 
Editor : Mith.

Previous
« Prev Post